Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Dindik Kabupaten Malang Siapkan Rp 2 Miliar

Malang (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah setempat.

Kepala Dindik Kabupaten Malang, M Hidayat mengatakan, di tahun 2019 ini pihaknya telah menyiapkan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 2 Miliar. Dana tersebut, akan digunakan untuk merehab beberapa SD dan SMP sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan guna menunjang prestasi akademik.

“Diharapkan pihak sekolah bisa mengajukan proposal agar bisa kami survey, terutama yang benar-benar membutuhkan, akan langsung kami lakukan rehab. Mengingat wilayah Kabupaten Malang yang beragam, juga kondisi yang sewaktu-waktu bisa terjadi bencana. Jadi bisa dibilang untuk keadaan darurat,” ungkap Hidayat, Selasa (8/1/2019).

Selain dari APBD 2019, Lanjut Hidayat, pihaknya juga bakal mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat yang juga akan digunakan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Malang.

“DAK untuk Dinas Pendidikan ditahun 2019 ini diperkirakan akan naik sebesar 25 persen,” ujarnya.

Dengan adanya anggaran dari APBD dan DAK tersebut, tambah Hidayat, selain untuk rehab juga untuk meningkatkan prestasi akademik dengan menggunakan metode try out. Baik try out yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah. Sebab, sekarang ini, Kabupaten Malang di tingkat sekolah dasar (SD), berada di peringkat 17 se-Jawa Timur (Jatim), dan untuk sekolah menengah pertama (SMP) berada di peringkat 20.

“Untuk itu kami berupaya untuk seluruh sekolah melakukan pelatihan berupa try out yang berbasis IT guna menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” pungkasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar