Pendidikan & Kesehatan

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat (KKS) Kunjungi Kabupaten Sidoarjo

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat (KKS) Kunjungi Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah optimis Pemkab Sidoarjo tahun 2019 ini bisa meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda.

Optimisme itu ditegaskan H. Saiful llah saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional di Kabupaten Sidoarjo.

Asisten I Tata Pemerintahan & kesra Kabupaten Sidoarjo, Heri Susanto selaku Ketua tim Kabupaten Sehat Pemkab Sidoarjo, menyampaikan persiapan-persiapan Pemkab Sidoarjo dalam mempersiapkan diri sebagai kabupaten sehat telah dimulai sejak 2018 lalu.

“2017 lalu, Sidoarjo telah mendapatkan penghargaan kabupaten/kota sehat tingkat pemantapan, berupa Swasti Saba Padapa. Diharapkan, tahun ini, bisa naik ke tingkat pembinaan, Swasti Saba Wiwerda,” kata Heri Kamis (5/9/2019).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menandaskan bahwa kabupaten/kota sehat merupakan program unggulan Kemendagri dan Kemenkes RI. Program ini bertujuan mewujudkan kondisi masyarakat hidup bersih, nyaman, aman dan sehat. “Program ini dibutuhkan peran aktif dan kontribusi langsung masyarakat,” tuturnya.

H. Saiful llah menyebutkan, pada tahun 2018 hingga saat ini, Pemkab Sidoarjo bersama Forum Kabupaten Sidoarjo Sehat telah mengembangkan cakup pada 10 kecamatan untuk diajukan verifikasi tingkat nasional pada 4 (empat) tatanan.

“Empat tatanan itu, pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, industri dan perdagangan sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat,” jelasnya.

Dalam waktu bersamaan, Tim Penilai Kabupaten Sehat di Kabupaten Sidoarjo yang dilakukan oleh Anita R. Bultom selaku Koordinator Tim Verifikasi yang berasal dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan menyampaikan beberapa definisi termasuk di dalamnya tujuan dilakukannya kabupaten sehat.

Sementara tim verifikator KKS pusat telah melakukan verifikasi dokumen terhadap 202 usulan kabupaten/kota dari 29 provinsi. Dari jumlah itu, hanya 165 kabupaten/kota yang lolos dan dilaksanakan verifikasi lapangan.

Salah satunya adalah Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo hingga saat ini sudah dalam proses verifikasi, sebelumnya proses administrasi Kabupaten Sidoarjo sudah dianggap baik dan lolos hingga tahap verifikasi.

‚ÄúDalam dua hari ini kami bersama tim akan lakukan pengecekan tentang bagaimana program-program kabupaten sehat di Kabupaten Sidoarjo. Semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi Sidoarjo,” imbuh Anita di ruang Transit Room Pendopo Delta Wibawa.

Anita juga berharap Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi kabupaten stimulatif bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia dalam mencapai penghargaan – penghargaan atau pencapaian yang selama ini sudah diterima Kabupaten Sidoarjo. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar