Pendidikan & Kesehatan

Terlanjur Zonasi Sekolah, Pemetaan Harus Segera Dilakukan

Foto: Sulton Masy'ud (kanan/dok Unej)

Jember (beritajatim.com) – Sistem zonasi seharusnya didahului dengan pemerataan kualitas sekolah dan penyebaran guru yang baik. Saat ini zonasi sudah diterapkan sebelum dua hal itu dilakukan.

“Menurut saya, penerapan zonasi terburu-buru,” kata pengamat manajemen pendididikan dan Wakil Rektor III Universitas Jember Sulton Masy’ud kepada wartawan, Minggu (30/6/2019).

Seharusnya ada pembagian zona secara jelas, pembangunan sekolah setara setiap zona, dan pemerataan kualitas guru lebih dulu. “Penerapan zonasi saat ini tidak menunjang tercapainya kualitas pendidikan,” kata Sulton.

Sulton mengingatkan, manajemen pendidikan adalah menata pendidikan sesuai hak asasi dan peri keadilan. “Kalau sekarang ini terus terang tidak adil. Masa nasib anak ditentukan seperti itu? Anaknya pintar, tapi (sekolah di) zonanya tidak bagus ya tetap tidak bagus. Bagaimana itu nanti,” katanya.

“Kalau sudah terlanjur (menerapkan zonasi), pemetaan sekolah yang bagus harus segera dilakukan dan dilaksanakan pembinaan,” kata Sulton. (Wir)

Apa Reaksi Anda?

Komentar