Pendidikan & Kesehatan

Stok Darah A di UTD PMI Pamekasan Menipis

Pamekasan (beritajatim.com) – Stok darah golongan A di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, mulai menipis khususnya memasuki pertengahan Januari 2019.

“Sebenarnya stok darah untuk golongan darah A kita cukup, tapi menipis. Saat ini stok darah yang ada tersisa tujuh kantong dari total 233 kantong yang ada,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah, Jum’at (11/1/2019).

Dari itu pihaknya berharap atensi dari masyarakat, khususnya para relawan dan pendonor untuk selalu rutin mendonorkan darah demi kemanusiaan. “Tentu saat ini kita berharap ada pendonor sebagai upaya mengantisipasi kekosongan stok darah khususnya golongan A,” ungkapnya.

Namun demikian pihaknya memastikan stok darah di unit yang dipimpinnya tetap cukup untuk akhir Januari mendatang. “Untuk golongan darah yang lain insya’ Allah aman, tapi untuk yang golongan A cukup tapi menipis,” jelasnya.

Selama ini UTD PMI Pamekasan gencar melakukan sosialisasi guna mengantisipasi kekurangan stok darah, bahkan tidak jarang para petugas juga rela ‘jemput bola’ demi memenuhi kebutuhan darah setiap bulan.

Tidak hanya melalui kegiatan dengan sasaran masyarakat umum, namun PMI Pamekasan juga melakukan aksi donor darah dengan melibatkan sejumlah instansi berbeda. Baik instansi pemerintahan, organisasi hingga lembaga pendidikan maupun pesantren. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar