Pendidikan & Kesehatan

SNMPTN Masih Dibuka, Ini Prodi Dengan Saingan Paling Sedikit di ITS dan UNAIR

Surabaya (beritajatim.com) – Penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tinggal menghitung jari. SNMPTN yang dibuka sejak 4 Februari lalu akan ditutup pada 14 Februari 2019 mendatang.

Tersisa tiga 2 hari untuk mendaftar, masih adakah yang bingung memilih jurusan kuliah? SNMPTN memang salah satu jalur masuk penerimaan mahasiswa baru yang paling banyak diminati. Pasalnya peserta SNMPTN tidak melalui tes atau ujian apapun.

Peserta SNMPTN hanya dinilai berdasarkan hasil rapor dan protofolio sebagai ketentuan prestasi akademik. Penerimaannya pun dinilai dari sistem rangking oleh Perguruan Tinggi terpilih dan berdasarkan ketepatan memilih jurusan atau program studi.

Oleh karena itu peminat SNMPTN sangat tinggi. Tetapi beberapa siswa mengaku masih kebingungan untuk memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat dan keketatannya.

Seorang pendaftar masuk ke perguruan tinggi harus memperhatikan keketatan progam studi yang ada di Perguruan Tinggi tersebut dan mencocokkannya dengan minat dan kemampuannya.

Berikut adalah 3 program studi atau jurusan di beberapa perguruan tinggi negeri di Surabaya yang memiliki keketatan paling rendah atau bisa disebut berpeluang tinggi untuk diterima dikarenakan jumlah siangan pendaftar yang sedikit berdasarkan pada hasil keketatan SNMPTN tahun 2018.

UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA
IPA
1. Akuakultur (PSDKU Banyuwangi) – 19,83 persen
2. Kedokteran Hewan (PSDKU  Banyuwangi) – 12,66 persen
3. Fisika – 12,50 persen
IPS
1. Ilmu Sejarah – 16,38 persen
2. Akuntansi (PSDKU Banyuwangi) – 12,07 persen
3. Bahasa dan Sastra Indonesia – 11,58 persen

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA
1. Fisika -14,34 persen
2. Double Degree Sistem Teknik  Perkapalan – 13,16 persen
3. Biologi – 11,9 persen

Rektor UNAIR, Prof Muhammad Nasih pun mengatakan bahwa PSDKU Banyuwangi memiliki potensi besar dan keketatannya masih longgar.

“PSDKU Banyuwangi semua terakreditasi B. Akuntansi, Kedokteran Hewan, Budidaya Perairan, Kesehatan Masyarakat memiliki keketatan yang relatif rendah. Jadi bisa daftar disana, akreditasi B untuk kampus baru itu sudah maksimal karena belum ada lulusan dan bisa untuk melamar CPNS maupun lainnya, bisa pilih kuliah disana,” ujarnya kepada beritajatim.com, Selasa (12/2/2019). [adg/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar