Pendidikan & Kesehatan

Siswa SMK Gresik Ciptakan Smart Home Berbasis Google Asisstant

Gresik (beritajatim.com) – Siswa kelas XI yang tergabung dalam ekstrakulikuler Robotika SMK Muhammadiyah 1 Gresik berhasil menciptakan alat pengendali jarak jauh dengan menggunakan smart phone. Alat yang diberi nama ‘Smart Home’ itu di-connectingkan melalui google asisstant.

Smart Home merupakan alat pengendali jarak jauh. Dimana, pemilik atau penjaga rumah tidak perlu bersusah payah menyalakan atau mematikan lampu saat meninggalkan rumah.

“Ide menciptakan alat ini berawal dari penjaga keamanan sekolah yang harus susah payah berjalan kesana-kemari. Cuma hanya menyalakan atau menghidupkan lampu,” ujar Ajeng Syinta Handayani (17) siswi kelas XI jurusan Teknik Elektronika salah satu tim Robotika SMK Muhammadiyah 1 Gresik, Sabtu (13/4/2019).

Ajeng menjelaskan, cara kerja alat ini sangat sederhana. Asal ada jaringan internet lalu di-connectingkan menggunakan kode pemrograman. Selanjutnya mengirimkan kode perintah untuk mengaktifkan, dan mematikan lampu.

“Dengan alat tersebut, cukup membuka google asistant lalu melalui voice smart phone yang dipegang. Tinggal bicara lampu bisa dikontrol dari jarak jauh,” tutur Ajeng.

Hal yang sama juga dikatakan Aldo Mahardika Amanallah siswa kelas XI jurusan Teknik Audio. Menurutnya, butuh satu bulan untuk menciptakan Smart Home. Setelah dilakukan uji coba beberapa kali. Akhirnya, eksprimennya berhasil.

“Biayanya tidak terlalu mahal hanya mengeluarkan dana Rp 200 ribu. Selain itu, komponennya bisa dibeli secara online dan ini pertama kalinya. Sebab, ada yang lain tapi itu menggunakan aplikasi bluetooth,” ungkapnya.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Gresik Imam Syafi’i menyatakan rencananya alat yang diciptakan oleh siswa ini segera dipatenkan agar bermanfaat bagi masyarakat. “Kami segera mematenkan alat ciptaan siswa yang tergabung dalam ekstrakulikuler robotika. Mudah-mudahan kedepan bisa dimanfaatkan masyarakat luas,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar