Pendidikan & Kesehatan

Siswa Baru SD dan SMP di Gresik Belum Terima Seragam Gratis

Gresik (beritajatim.com) – Para siswa baru baik itu yang duduk di sekolah dasar negeri (SDN) maupun sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Gresik harus bersabar. Pasalnya, di tahun ajaran baru 2019/2020 yang dimulai pertengahan Juli nanti, siswa belum bisa menerima seragam gratis dari pemerintah.

Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Gresik memperkirakan, seragam baru bisa dibagi pada bulan Agustus 2019.

Seragam gratis belum bisa dibagikan sebab saat ini pengadaan seragam masih dalam proses lelang. Dispendik Gresik baru saja memasukkan berkas lelang setelah mengalami kendala beberapa waktu lalu.

Kepala Dispendik Gresik Mahin membenarkan berkas sudah masuk lelang. Pihaknya mengakui sebelumnya ada kekurangan berkas yang diisyaratkan Badan Layanan Pengadaan (BLP). Sehingga Dispendik harus melengkapi dulu.

“Kami perkirakan tidak sampai seminggu. Sebab, pihaknya mengambil lelang lebih cepat,” ujarnya, Kamis (4/07/2019).

Mahin menjelaskan sebenarnya tidak ada kendala lagi dalam lelang. Pasalnya, lembaganya sudah memenuhi peryaratan yang dibutuhkan. Termasuk dukungan dari dua pabrik konseksi.

“Berkaca di tahun-tahun sebelumnya, jika penyedia jasa sudah siap soal kertersediaan barang akan lebih lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Managemen Pendidikan Dispendik Gresik Suwono menambahkan, pihaknya memperkirakan seragam baru bisa dibagikan Agustus nanti.

“Kami sudah berupaya agar seragam bisa dibagikan secepat mungkin. Tidak seperti dua tahun belakangan dimana seragam baru dibagikan saat pergantian semester,” imbuhnya.

Seperti diketahui seragam siswa baru baik SD maupun SMP ini, Dispendik menganggarkan Rp 5,14 milliar. Dari jumlah tersebut untuk memenuhi 423 sekolah yang terdiri dari 389 SDN dan 34 SMPN. Perinciaannya 10.400 potong kain untuk SD yang terdiri kain putih merah dan pramuka. Serta 7.000 potong untuk SMP kain putih biru dan pramuka. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar