Pendidikan & Kesehatan

Seragam Tahun 2019 Ngendon di Gudang, Belum Dibagikan ke Kader Posyandu Jember

Jember (beritajatim.com) – Baju seragam untuk kader pos pelayanan terpadu (posyandu) yang diadakan pada November 2019 dengan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah hingga saat ini masih tersimpan di gudang Bagian Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hal ini terungkap saat panitia angket DPRD Jember melakukan inspeksi mendadak ke kantor Bagian Pembangunan Pemkab Jember, Senin (17/2/2020). “Kami sidak karena ada laporan masyarakat bahwa baju seragam untuk kader posyandu belum dibagikan sampai sekarang. Pengadaannya sudah selesai per November 2019,” kata Nurhasan, salah satu anggota panitia angket.

Panitia angket kemudian mengecek rencana kerja anggaran (RKA) di sana, dan mengetahui pengadaan sudah selesai pada 7 November 2019. “Bagi kami ini jadi masalah. Nomenklaturnya juga tidak sinkron. Judul di nomenklatur adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas aparatur sipil negara. Tapi di dalamnya isinya pengadaan seragam kader posyandu. Nominal anggarannya sekitar Rp 4 miliar,” kata Nurhasan.

Panitia angket terhambat masuk ke gudang itu, karena Bagian Pembangunan tak menemukan kuncinya. “Akhirnya kami tinggal,” kata Nurhasan.

Nurhasan meminta agar seragam tersebut tidak dibagikan saat ini menjelang pemilihan bupati. “Itu sudah menjadi aset pemkab, dan untuk kegiatan pendistribusian dimasukkan dalam Perubahan APBD 2020. Soalnya kan 31 Desember 2019, (tahun anggaran) sudah habis. Kegiatan pendistribusian tak boleh terjadi setelah 31 Desember 2019,” katanya.

Selain baju seragam, alat rias dan alat cukur belum dibagikan juga. Namun Nurhasan tidak tahu nominal pengadaannya.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Pembangunan Muhammad Kosim menolak berkomentar kepada beritajatim.com. “Maaf, saya tidak bersedia,” katanya. [wir/ted]    

Apa Reaksi Anda?

Komentar