Pendidikan & Kesehatan

Seragam Sekolah SD-SMP Baru Akan Direalisasikan Oktober

foto/ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Seragam Sekolah tahun 2019 telah dicanangkan gratis oleh Dinas Pendidikan (Dispendik), baik ditingkat SD, SMP hingga SMA. Tetapi eksekusi dari pemberian seragam sekolah gratis ini masih belum juga teralisasikan.

Tetapi untuk kota Surabaya seragam sekolah SD/SMP segera distribusikan ke seluruh sekolah SD dan SMP se Surabaya. Setelah proses pendataan siswa dan revisi anggaran setiap sekolah selesai, seragam gratis bisa segera di proses oleh setiap sekolah.

Kepala Dispendik Surabaya, Ikhsan menjelaskan, nantinya untuk pendistribusian seragam gratis tersebut di salurkan ke setiap sekolah berupa uang, kemudian pihak sekolah yang membelanjakan seragam hingga di bagikan kesiswa. “Nanti berupa uang ke sekolah, sekolah yang membelanjakan. Nah item-itemnya yang bagikan juga pihak sekolah,” kata Ikhsan.

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya ini mengatakan, dana ditribusi seragam gratis per siswa mendapat Rp 1,2 hingga Rp 1,3 juta. Pendistribusian seragam gratis tersebut nantinya tidak hanya disalurkan ke SD/SMP Negeri saja tetapi juga untuk sekolah swasta se-Surabaya.

Ikhsan menjelaskan, nantinya ada beberap item yang dibagikan untuk setiap siswa. Diantaranya ada sepatu, kaos kaki, pakaian olah raga, dan seragam lainnya. Pihaknya mengaku, harga itu sudah sudah disesuaikan dengan harga seragam di pasaran sehingga tidak ada yang berbeda antara sekolah satu dengan sekolah lainnya.

Terkait untuk pencairan anggaran seragam gratis tergantung dengan kecepatan sekolah melakukan pendataan siswa dan revisi anggaran sebelumnya. “Karena ini ada beberapa proses, pertama perubahan jumlah siswa, kemudian pendataan anak-anak mitra. Kemudian bisa dicairkan,” ungkap dia.

Dirinya memastikan, untuk pencairan anggaran seragam gratis diupayakan Dispendik Surabaya segera cair pada bulan Oktober 2019. Saat ditanya mengenai pengawasan terhadap sekolah agar anggaran tidak diselewengkan, ia yakin, semuanya akan sesuai target dan bisa seger dibagikan kepada setiap siswa. “Pengawasannya ya banyak yang ngawasi, termasuk rekan-rekan media inikan juga ikut ngawasi. Jadi jangan khawatir, Oktober 2019 ini tergetnya cair,” pungkasnya. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar