Pendidikan & Kesehatan

Sepi Pendonor, PMI Kota Kediri Tak Bisa Layani Permintaan Darah dari Luar Daerah

Kediri (beritajatim.com) – Memasuki bulan suci ramadan, UTD PMI Kota Kediri sepi pendonor. Kini ketersediaan kantong darah yang ada, sementara hanya cukup untuk melayani kebutuhan darah di Kota Kediri

Ira Widyastuti, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Kediri mengatakan, jika di hari biasa ada 35 hingga 40 pendonor sukarela datan, namun di puasa pertama dan kedua kemarin, hanya ada 7 dan 9 pendonor. Saat ini di PMI Kediri hanya masih menyisakan kantong darah untuk golongan A 154 kantong, B 142 kantong, O 132 kantong dan AB 7 kantong .

“Kebutuhan kantong darah yang biasanya hingga 1.500 kantong darah perbulannya. Sehingga, kami tidak melayani kebutuhan darah dari luar daerah, seperti Jombang , Tulungagung , Blitar Dan Kabupaten Kediri yang biasanya masih meminta darah di PMI Kota Kediri,” kata dr. Ira, Rabu (8/5/2019).

Fenomena ini lazim terjadi karena ke khawatiran masyarakat saat puasa akan kondisi tubuhnya setelah donor. Padahal menurut dr. Ira, kondisi tersebut tidak lah berpengaruh . ia berharap masyrakat tetap mendonorkan darahnya sebagai bentuk kepeduliannya terhadap sesama.

Sementara untuk menarik minat masyarakat di ramadan kali ini pihaknya menambahkan souvenir untuk para pendonor serta undian berhadiah. Nantinya pihak pmi juga akan melakukan jemput bola dengan berkeliling ke tempat tempat keramaian di Kota Kediri. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar