Pendidikan & Kesehatan

Selang Sehari, Penderita Hepatitis A di Pacitan Bertambah 100 orang lebih

Pacitan (beritajatim.com) – Wabah penyakit hepatitis A semakin menjadi di Pacitan. Rabu (26/6/2019) kemarin warga yang menderita tercatat ada 701 orang. Selang sehari, jumlahnya melonjak drastis. Ada tambahan 100 orang lebih terkena penyakit yang juga disebut dengan penyakit kuning.

”Hari ini nambah lagi penderitanya, tercatat jumlahnya menjadi 824 warga yang terkena penyakit hepatitis A,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Pacitan, dr Eko Budiono, Kamis (27/6/2019).

Eko mengungkapakan daerah yang warganya banyak menderita penyakit tersebut berada di kecamatan Sudimoro. Tercatat di puskesmas Sudimoro ada 481 penderita. Menempati urutan kedua di kecamatan Ngadirojo, puskesmas sana ada 137 orang.

”Ketujuh puskesmas lain jumlah penderita belum menyentuh angka ratusan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya Pemkab Pacitan menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) terkait wabah penyakit hepatitis A yang kini menjangkita kabupaten tersebut. Keputusan tersebut diambil setelah membludaknya jumlah penderitanya. Hingga kini ada 701 orang yang menderita penyakit yang menular tersebut.

”Status KLB Hepatitis A ini diputuskan oleh Bupati Indartato pada Selasa (25/6/2019) lalu,” kata Eko Budiono,

Penderitanya tersebar sedikitnya di 5 kecamatan di kabupaten yang disebut 1001 goa itu. Penetapan KLB, kata Eko untuk memenuhi kebijakan administratif. Pihaknya mengaku jika sudah melaporkan kejadian yang masuk kategori KLB tersebut ke Bupati dan Dinkes Provinsi. Pun dengan pola penanganan dan pencegahannya. Dia meminta warga Pacitan, khususnya daerah yang terdampak penyebaran penyakit hepatitis A untuk menjaga kebersihan. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar