Pendidikan & Kesehatan

Sebanyak 2.332 Mahasiswa Baru Diterima Unair Jalur SBMPTN

Surabaya (beritajatim.com) – Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah resmi dibuka pada hari ini, Selasa (9/7/2019). Terkait hal tersebut Universitas Airlangga Surabaya pun mengumumkan sebanyak 2.332 mahasiswa baru  diterima SBMPTN.

Angka ini pun sama dengan 42.5 persen dari total penerimaan secara keseluruhan. Sebanyak 2.332 mahasiswa baru yang diterima, 379 di antaranya adalah penerima Bidikmisi. Menurut Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih penerima Bidikmisi ini masih belum final karena harus menunggu tahap verifikasi terlebih dahulu.

“Bagi penerima Bidikmisi, penerimaan sebagai mahasiswa sudah positif. Tetapi penerimaan Bidikmisi masih menunggu verifikasi. Sehingga jika kondisinya herbeda dengan yang dilaporkan bukan penerimaan mahasiswa yang dicabut, tapi penerima bidikmisi yang artinya tetap bisa kuliah dengan biaya sendiri,” ujarnya.

Dengan tambahan 379 mahasiswa baru Bidikmisi, Unair saat ini telah mempunyai sekitar 800 mahasiswa penerima Bidikmisi. Sebelumnya sebanyak 384 mahasiswa Bidikmisi telah melalui jalur SNMPTN.

Nasih menambahkan, hal yang membanggakan adalah pada tahun ini, nilai tertinggi kedua untuk kelompok saintek berasal dari pendaftar Unair dengan nilai 808,01. Sementara yang tertinggi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan angka 804.

“Ini sekaligus menjadi ukuran FK masih menjadi rata-rata tertinggi. FK rata-ratanya ada di 736 sekian,” ujarnya.

Nasih mengimbau bagi calon mahasiswa baru yang diterima untuk segera mendaftar ulang dan melunasi biaya-biaya yang ada. Pasalnya waktu yang diberikan untuk melengkapi administrasi tidaklah banyak.

Waktu tidak terlalu lama, mohon segera mempersiapkan diri dengan mempersiapkan biaya dan lain-lain. Bisa membukanya di laman Unair.ac.id,” tuturnya.

Untuk jalur Mandiri, Nasih menyatakan pihaknya akan mengumumkannya pada keesokan hari, Rabu (10/7). Di jalur ini daya tampungnya sebesar 27 persen.

“Besok akan diumumkan jalur Mandiri. Sisa daya tampung jalur mandiri 27 persen. Kurang lebih 1.600 sekian,” ujarnya.[adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar