Pendidikan & Kesehatan

Bentuk Pendidkan Karakter

SDI Nurul Bayan Ajak Siswa Berbagi Rejeki ke Abang Becak

Sumenep (beritajatim.com) – Sekitar 100 siswa SDI Nurul Bayan, Kebunagung, Sumenep membagi-bagikan 350 bingkisan berupa mie instan dan air mineral kepada abang becak dan kaum dhuafa. Aksi sosial bertajuk ‘indahnya berbagi’ itu digelar di depan Masjid Jamik Sumenep.

“Bakti sosial ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk membentuk karakter anak. Kami ingin anak-anak belajar berbagi rejeki yang dipunyai, disisihkan untuk yang membutuhkan,” kata Kepala SDI Nurul Bayan, Slamet Echwani, Jumat (15/03/2019).

Menurutnya, aksi sosial ini merupakan agenda rutin setelah selesai kegiatan tengah semester. Kegiatan ini murni dari para siswa.

“Anak-anak sendiri yang membawa mie instan. Mereka yang membungkus. Dan mereka juga yang membagi-bagikan kepada abang becak dan kaum dhuafa,” ujarnya.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Bayan, Hj. Honnaniyah A. Salim mengatakan, kecerdasan sosial sebenarnya merupakan bagian dari fitroh anak-anak.

“Nah, SDI menguatkan pesan itu dan memberikan kesadaran kalau anak-anak tdak sendiri. Ada kaum yang harus mendapat perhatian,” ucapnya.

Selain itu, menurut Nanik, sapaan akrab penceramah kondang ini, gerakan sosial anak-anak SDI Nurul Bayan ini juga untuk mengingat momen bulan Rajab.

“Bulan Rajab ini menjadi bulan istimewa bagi umat Islam, selain bulan Ramadan. Karena itu, kami juga ingin, anak-anak merasakan indahnya berbagi dan menyisihkan rejeki pada orang-orang yang membutuhkan,” tuturnya sambil tersenyum. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar