Pendidikan & Kesehatan

Satu Warga Situbondo Positif Corona, Dirawat di RSD dr. Kusnadi Bondowoso

foto/ilustrasi

Bondowoso (beritajatim.com) – Seorang warga Kabupaten Situbondo terkonfirmasi mengidap Covid-19. Dia dirujuk ke RS Daerah dr. Kusnadi, Bondowoso.

“Yang berhak mengumumkan adalah gubernur. Jadi hasil laboratorium itu memang kami dapat informasi bahwa positif, iya. Tapi kan masih ada tahapan juga mungkin untuk uji komparasi di laboratorium Kementerian Kesehatan, baru diumumkan Ibu Gubernur,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso Muhammad Imron, Kamis (26/3/2020) malam.

Pasien tersebut memiliki riwayat pernah melakukan umrah. Pasien itu, menurut Imron, ditangani sesuai standar prosedur operasi. “Per hari ini jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di RS Daerah dr. Kusnadi ada tiga orang. Tiga-tiganya dari Situbondo. ODP (Orang dalam Pemantauan) hari ini 178 orang. Yang ODP itu warga Bondowoso semua,” katanya.

Imron mengimbau kepada warga untuk senantiasa waspada. “Masyarakat dimohon tidak panik dan takut. Boleh waspada dan hati-hati. Kami sudah banyak memberikan edukasi dan sosialisasi, serta pemahaman kepada masyarakat. Yang paling penting tetapkan perilaku pola hidup sehat,” katanya.

“Bila ada orang yang sakit batuk pilek dan ada riwayat yang bersangkutan datang dari wilayah yang terjangkit, jaga jarak paling tidak satu dua meter. Yang sakit pakailah masker. Kalau tidak menemukan masker, pakailah etika saat batuk. Hindari kerumunan orang atau kegiatan yang berpotensi mendatangkan massa banyak. Kita tidak pernah tahu yang terinfeksi,” kata Imron. Warga diminta menjaga kebersihan, makan makanan sehat, dan berdoa.

Pemkab Bondowoso saat ini sudah memasang hand sanitizer dan perangkat kebersihan di sejumlah lokasi umum. Upaya penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi masih belum dilakukan. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar