Pendidikan & Kesehatan

Libur Lebaran

RSUD Prof Dr Soekandar Mojokerto Piketkan 29 Dokter Spesialis

Mojokerto (beritajatim.com) – Selama libur lebaran atau selama sepekan ke depan, pihak RSUD Prof Dr Soekandar,  Mojosari mengalihkan pelayanan dari setiap poliklinik ke Intalasi Gawat Darurat (IGD). Sebanyak 29 dokter spesialis akan berjaga selama libur lebaran.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Prof Dr Soekandar, dr Djalu Naskutub mengatakan, selama masa cuti Lebaran tahun ini, seluruh poliklinik akan ditutup. “Pelayanan pasien masih buka tapi dipusatkan di IGD. Semua poli akan dilayani di IGD,” ungkapnya, Senin (3/6/2019).

Masih kata Wadir, perubahan sistem pelayanan tersebut akan berlangsung hingga sepekan ke depan. Dengan begitu, dia memastikan bahwa seluruh pasien yang tengah menjalani rawat jalan akan tetap mendapatkan pelayanan selama libur panjang tersebut.

“Bagi tenaga medis melakukan giliran piket jaga, baik perawat, dokter umum, hingga dokter spresialis. Mereka akan dilakukan giliran piket jaga untuk melakukan visite atau kunjungan bagi pasien yang menjalani rawat inap. Ada 29 dokter spesialis yang berjaga,” katanya.

Pasalnya, RSUD Prof Dr Soekandar menjadi fasilitas kesehatan (faskes) rujukan, sehingga diharuskan ada dokter spesialis yang bersiaga setiap hari. Seluruh tenaga medis tersebut diwajibkan untuk tetap masuk sesuai jadwal yang ditentukan.

“Peserta BPJS Kesehatan mendapat kelonggaran untuk bisa periksa di seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di mana saja. Bahkan, apabila FKTP libur atau di luar jam pelayanan, bisa langsung di-cover di rumah sakit tanpa rujukan,” jelasnya.

Ambulance dan sopir juga disiagakan. Pengalihan pelayanan tersebut akan berlangsung hingga berakhirnya masa cuti Lebaran nanti sehingga pelayanan di RSUD Prof Dr Soekandar akan kembali normal mulai Senin (10/6/2019) pekan depan.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar