Pendidikan & Kesehatan

RSUD Dolopo Kewalahan Tangani Pasien DBD

Pasien yang dirawat di lorong ruangan RSUD Dolopo Kabupaten Madiun

Madiun (beritajatim.com) – Jumlah pasien demam berdarah dengue di RSUD Dolopo Kab. Madiun membludak. Manajemen rumah sakit terpaksa menambah jumlah tempat tidur dan merawat sebagian pasien di lorong ruangan.

Banyaknya pasien DBD ini sejak awal Januari 2019 lalu. Penderita yang datang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

‘’Lonjakan pasien DBD ini sejak awal Januari lalu,’’ kata Kasi Pelayanan dan Keperawatan RSUD Dolopo Kab. Madiun Misyadi, Jumat (8/2/2019).

Misyadi mengungkapkan kapasitas pasien yang ditampung di rumah sakit ini sekitar 100 tempat tidur. Dengan lonjakan tersebut, pihaknya akhirnya menambah jumlah tempat tidur sebanyak 19 tempat tidur. Yang tersebar di ruang poli dan lorong ruangan.

Kebijakan ini diambil karena pasien DBD yang melonjak drastis dibanding tahun lalu. Dimana untuk tahun 2018 jumlah pasien DBD yang dirawat di rumah sakit berjumlah 120 pasien. Sedangkan pasien DBD sampai hari Jumat (8/2) 2019 berjumlah 143 pasien.

‘’Belum ada dua bulan, angkanya sudah melampaui jumlah penderita tahun lalu,’’ katanya.

Meski jumlah pasien meningkat, tetapi pihak rumah sakit menegaskan pelayanan tlidak akan mengalami perubahan . Semua pasien akan tetap dilayani sesuai prosedur. Yang membedakan hanyalah sebagian pasien yang letaknya di lorong ruangan dan jarak pasien yang saling berdekatan. “Kita juga tidak akan menolak pasien, setiap pasien akan tetap kami layani,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar