Pendidikan & Kesehatan

Ribuan Warga Gresik Tumpah Ruah Datangi Puncak Acara MRSF 2019

Gresik (beritajatim.com)- Ribuan warga Gresik tumpah ruah mendatangi puncak acara Milenial Road Safety Festival (MRSF) 2019 yang digelar Polres setempat dengan konsep Gresik Millenial Creative Expo di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP).

Kegiatan yang dimotori Satuan Lalu Lintas (SatLantas) Polres Gresik tersebut merupakan agenda rangkaian kegiatan Koorlantas Mabes Polri dalam rangka mensosialisasikan pentingnya keselamatan berkendara di jalan.

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim AKBP Eko Hengky Prayitno mengatakan, berdasarkan data Koorlantas Polri angka kematian di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas meningkat tajam. Semoga melalui kegiatan ini mampu mengedukasi para peserta untuk lebih paham arti keselamatan berkendara.

“Ada tiga faktor yang menimbulkan kecelakaan lalu-lintas. Pertama, diri kita sendiri. Kedua, tidak memperhatikan peraturan lalu-lintas, dan ketiga kendaraan tidak standar,” ujarnya, Sabtu (9/03/2019).

Masih menurut AKBP Eko Hengki Prayitno, saat ini laka lantas bisa menimbulkan potensi bagi generasi millenial. Pasalnya, laka tersebut masuk menjadi pembunuh nomor tiga. Hal ini dikarenakan rata-rata korban yang meninggal di jalan raya berusia produktif antara 17 hingga 35 tahun.

“Ironisnya lagi, 25 persen korban yang meninggal di jalan raya akibat laka lantas berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa,” imbuhnya.

Di puncak MRSF 2019 itu juga ada talk show custom bike & safety riding yang dihadiri motovlogger Alitt Susanto. Hadir pula Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim AKBP Budi Hendrawan serta BPTD XI Ahmad Badik.

“Kami sengaja mendatangkan narasumber itu agar para pengendara motor tahu bagaimana memodifikasi kendaraan roda dua yang tidak melanggar peraturan lalu lintas,” ujar Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto.

Ia menambahkan, selain modifikasi kendaraan roda dua juga dibahas
mengenai bagaimana ketentuan pemakaian aksessoris kendaraan sepeda motor seperti knalpot, lampu strobo, box tambahan, dan lain-lain.

“Di kegiatan ini kami juga memberikan tips-tips road safety ridding dalam melaksanakan touring kendaraan bermotor roda dua,” tambahnya.

Sebelumnya, puluhan komunitas kendaraan bermotor melakukan touring road safety ridding terkait dengan kampanye MRSF.

Melihat besarnya animo masyarakat Gresik yang mendatangi puncak kegiatan MRSF, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dan Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro mengaku puas.

“Luar biasa, ini diluar dari perkiraan kami, suatu kebanggaan atas perhatian masyarakat Gresik. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kita
semua dalam mentaati aturan berlalu lintas di jalan,” pungkas Sambari. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar