Pendidikan & Kesehatan

Relawan ‘Karimata Mengajar’ Senang Berbagi Bersama Siswa SD

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah relawan dalam program ‘Karimata Mengajar’ mengaku senang bisa berbagi pengalaman dan profesi bersama siswa sekolah dasar di SDN Akkor, Palengaan.

Di antaranya Frida, yang berprofesi sebagai Kreator Kue dan Makanan, serta relawan dari unsur Perawat, Andriani. Terlebih bagi keduanya, program tersebut menjadi pengalaman pertama karena baru bergabung sebagai relawan dalam kelas inspirasi yang digagas Crew Karimata FM.

Terlebih dalam program tersebut, juga terdapat beberapa instansi ataupun profesi berbeda yang ikut serta bergabung dan berbagi pengalaman bersama para siswa. Di antaranya BPBD, Satlantas Polres Pamekasan, Petugas Medis atau Bidan, Komunitas Fotografi, hingga profesi wartawan foto dan penyiar radio.

“Kami sangat senang dengan program ini, apalagi saat melihat para siswa tersenyum dan tertawa melihat para relawan memprkenalkan profesi masing-masing. Termasuk saat kami memperkenalkan profesi culinary,” kata Frida.

Ia juga mengapresiasi gagasan inovatif yang dinilai bisa memberikan motivasi bagi para siswa sejak dini tentang. Khususnya tentang pengalaman yang belum tentu didapat dalam proses pembelajaran formal. “Kebetulan kami baru bergabubg sebagai relawan, kami sangat senang bisa berbagai pengalaman bersama para siswa,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Andriani yang menilai menjadi pengalaman perdana dan penuh tantangan, sebab kali ini ia harus berhadapan dengan siswa sekolah dasar yang tentunya membutuhkan sebuah ketelatenan ekstra. Apalagi materi yang disampaikan seputar bidang kesehatan.

“Tantangannya tentu berbeda, apalagi saat menghadapi siswa SD. Karena kita harus bisa menarik perhatian mereka, apalagi bicara soal kesehatan seperti tugas kami sebagai perawat,” jelasnya.

Beruntung dalam momentum tersebut, ia mendapatkan banyak masukan dari sang suami yang bergabung lebih awal dalam program tersebut. “Tapi sebelumnya kami sudah bertanya kepada suami yang kebetulan juga sudah bergabung lebih dulu, sehingga bisa melewati tahap pertama dengan baik,” ungkapnya, senang.

Sementara Kepala SDN Akkor, Siti Fatimah menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh relawan yang berbagi pengalaman dengan anak didiknya. “Ini baru pertama di sekolah kami, meski lokasi di desa tapi kami yakin anak-anak yang butuh ilmu sebagai bekal kelak saat beranjak remaja dan dewasa,” kata Siti Fatimah.

“Misalnya ilmu soal kebencanaan, kesehatan, makanan, siaran. Bahkan seperti materi hukum dan kriminal dari Bapak Polisi (Satlantas Polres Pamekasan), juga membuka wawasan baru bagi anak didik kami,” pungkasnya.

Sebelumnya Koordinator Program Karimata Mengajar, Hendra Zulkarnain menyampaikan program tersebut merupakan kegiatan rutin yang sudah kami gelar dalam beberapa bulan terakhir. Namun kali ini kami sengaja digelar bersamaan dengan momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2019. [pin]

Apa Reaksi Anda?

Komentar