Pendidikan & Kesehatan

Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan Jamin Kebebasan Berpendapat

Pamekasan (beritajatim.com) – Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin menjamin kebebasan berpendapat bagi para mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi yang dipimpinnya.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019, di hadapan ratusan mahasiswa baru (MABA) di perguruan tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Sabtu (7/9/2019).

“Kampus menjamin kebebasan berpendapat, tetapi hal itu harus disampaikan dengan cara yang sopan dan santun. Karena perguruan tinggi ini merupakan bagian terintegrasi dari pesantren,” kata Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan jika suasana dan lingkungan perguruan tinggi berbeda dengan lingkungan SMA dan sederajat. Sehingga mahasiswa baru dituntut agar segera beradaptasi dengan suasana dan lingkungan kampus.

“Disinilah salah satu pentingnya program PBAK yang mulai digelar hari ini hingga tiga hari kedepan. Sebab suasana perguruan tinggi dengan membaca sebelumnya berbeda, termasuk dalam proses pembelajaran. Sehingga harus diikuti dengan seksama,” ungkapnya.

Sebelumnya, pimpinan yang akrab disapa Pak Muin juga mengimbau para dosen agar memberikan ‘mimbar akademik’ bagi seluruh mahasiswa. Sebab hal tersebut merupakan salah satu budaya di perguruan tinggi, selama hal tersebut tidak keluar dari koridor ataupun regulasi yang berlaku. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar