Pendidikan & Kesehatan

Program Doktoral Teknik Kelautan ITS Raih Akreditasi A

Surabaya (beritajatim.com) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus meningkatkan standarisasi kualitas pendidikannya. Kali ini, dibuktikan dengan keberhasilan diraihnya akreditasi A untuk Program Doktoral (S3) Departemen Teknik Kelautan ITS dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada September 2019 ini.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari BAN-PT nomor 3288/SK/BAN-PT/Akred/D/IX/2019, departemen yang berdiri sejak tahun 1983 dan di bawah Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ini sudah layak memperoleh akreditasi A. Prestasi tersebut didapat berkat peningkatan kualitas yang dilakukan secara terus-menerus.

“Sejak 2001 mulai ada pembenahan dokumentasi, pusat data kegiatan, dan prestasi departemen,” ungkap Dr Ir Wahyudi MSc, Kepala Program Studi (Kaprodi) Departemen Teknik Kelautan ITS.

Menurut Wahyudi, tantangan terberat mendapatkan akreditasi ini adalah pendataan terpadu dalam pangkalan data dan dokumentasi yang perlu disiapkan. Ada banyak faktor yang menjadi kriteria penilaian suatu prodi. Faktor-faktor tersebut meliputi identitas, izin penyelenggaraan, kesesuaian penyelenggaraan program dengan perundang-undangan, sarana prasarana, mutu lulusan, produktivitas, dan sebagainya.

“Program Doktoral Departemen Teknik Kelautan ITS sendiri telah memenuhi syarat yang diberikan dan berhasil memberikan bukti valid kepada tim penilai dari BAN-PT berupa dokumentasi,” terangnya.

Selaras dengan pernyataan Wahyudi, Kepala Departemen Teknik Kelautan ITS Dr Eng Rudi Walujo Prastianto ST MT juga mengakui, sejak akhir 2015 ada banyak perkembangan dan perbaikan, baik fasilitas fisik dan infrastruktur serta aspek akademik lainnya.

“Contohnya seperti ada pengembangan kurikulum, kapasitas dosen, tenaga pendidik (tendik), mahasiswa, dan jejaring di bidang kelautan,” papar dosen yang akrab d sapa Rudi ini.

Dengan adanya akreditasi baru yang dikantongi, pria yang juga alumnus ITS ini berharap, ke depannya Departemen Teknik Kelautan ITS mampu mempertahankan dan meningkatkan kembali prestasinya. “Komitmen untuk terus berbenah semoga selalu ada setiap tahunnya,” pungkasnya. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar