Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi DBD

Petugas Kesehatan Lakukan Fogging di Pesantren

Pamekasan (beritajatim.com) – Petugas kesehatan dari Puskesmas Palengaan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, melakukan fogging di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Minggu (10/3/2019).

Fogging atau pengasapan tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi sekaligus pencegahan terhadap penyakit demam berdarah yang biasanya ditularkan melalui nyamuk jenis Aedes aegypti.

“Pengasapan atau fogging ini kita lakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah, sehingga kami bekerjasama dengan Puskesmas dan Dinkes untuk melakukan fogging,” kata Poskestren Mambaul Ulum Bata-Bata, Mohammad Soleh.

Diakuinya, proses pengasapan tersebut dilakukan bertahap di semua titik di kompleks yang beralamat di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan. Baik di kompleks santri putra dan kompleks santri putri.

“Pengasapan kita lakukan di semua blok kompleks pesantren, termasuk di kompleks putri yang kita lakukan Sabtu (9/3/2019) kemarin. Hari ini di kompleks putra,” sambung santri yang juga berstatus sebagai mahasiswa di IAI Al-Khairat Pamekasan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menjelaskan proses fogging merupakan program rutin yang dilakukan demi mengantisipasi penyakit akibat nyamuk. “Prinsipnya kegiatan ini rutin kita lakukan, khususnya di saat musim hujan ini,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap program fogging tersebut bisa memberikan kenyamanan bagi santri agar terhindar dari penyakit demam berdarah. “Semoga dengan fogging ini bisa menghindarkan warga pesantren dari jenis penyakit DBD,” harapnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar