Pendidikan & Kesehatan

Perpustakaan IAIN Jember Punya Ahli Filologi

Jember (beritajatim.com) – Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, sudah tenaga ahli dalam kajian filologi atau kajian naskah kuno.

“Ada yang ahli analisis isi naskah, ada yang ahli dalam kodikologi atau fisik naskah. Kami juga memiliki kurator atau ahli pemelihara naskah,” kata Kepala Perpustakaan IAIN Jember Abdul Muis, sebagaimana dilansir Humas IAIN Jember, Jumat (21/6/2019).

Para ahli uni dibutuhkan dalam penyelamatan naskah-naskah kuno keagamaan Islam nusantara yang dilakukan IAIN Jember. Umur naskah yang saat dalam proses digitalisasi cukup bervariasi. Bahkan beberapa diantaranya tahun penulisannya masih belum terlacak.

“Ada naskah yang sudah berumur dua abad, tetapi ada juga yang masih belkum kita ketahui, dan ini sedang kita lacak,” kata Muis.

Proses pelacakan usia naskah itu, bukan sesuatu yang mudah, sebab beberapa diantaranya harus dilakukan uji karbon dalam laboratorium. “Sedangkan yang sudah terlacak itu kita lihat dengan watermark dan countermark kertas yang dibuat oleh perusahaan kertas Eropa,” kata Muis. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar