Pendidikan & Kesehatan

Kebutuhan Medis Menipis

Penderita Hepatitis A di Pacitan Tembus 877 Orang

Pacitan (beritajatim.com) – Jumlah penderita penyakit hepatitis A di Pacitan tak kunjung turun. Hari ini malah mengalami peningkatan lagi. Sebelumnya, Kamis (27/6/2019) jumlah penderita mencapai 824 orang. Kini sesuai catatan dari Dinas Kesehatan Pacitan per Jumat (28/6/2019) menjadi 877 penderita.

“Hari ini jumlah penderita naik 53 orang dibanding hari kemarin, yakni sejumlah 824 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pacitan Eko Budiono, Jumat (28/6/2019) siang.

Eko menyebut, Kecamatan Sudimoro dan Ngadirojo masih menjadi yang tertinggi warganya mengidap penyakit tersebut. Masing-masing berjumlah 493 dan 149 orang.

Terkait jumlah meningkatnya penderita, Eko menduga ini masih bulan syawal. Jadi kunjungan silaturahmi masih tinggi. Dan penyebarannya lewat makanan dari orang satu ke orang yang lain. “Selain itu kebiasaan cuci tangan yang pakai sabun belum banyak di masyarakat,” katanya.

Eko mengungkapkan, kebutuhan peralatan medis dan obat-obatan sampai saat ini masih cukup. Tapi sudah mulai menipis untuk kebutuhan sarung tangan dan sabun cuci. “Saya yakin kebutuhan tercukupi, sebab Dinkes Provinsi Jatim juga akan mengirimkan kebutuhan obat maupun peralatan medis,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar