Pendidikan & Kesehatan

Penderita Hepatitis A Capai 701 Orang, Pemkab Pacitan Tetapkan Status KLB

Pacitan (beritajatim.com) – Pemkab Pacitan menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) terkait wabah penyakit hepatitis A yang kini menjangkita kabupaten tersebut. Keputusan tersebut diambil setelah membludaknya jumlah penderitanya. Hingga kini ada 701 orang yang menderita penyakit yang menular tersebut.

“Status KLB Hepatitis A ini diputuskan oleh Bupati Indartato kemarin (25/6/2019),” kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Eko Budiono, Rabu (26/6/2019).

Penderitanya tersebar sedikitnya di 5 kecamatan di kabupaten yang disebut 1001 goa itu. Penetapan KLB, kata Eko untuk memenuhi kebijakan administratif. Pihaknya mengaku jika sudah melaporkan kejadian yang masuk kategori KLB tersebut ke Bupati dan Dinkes Provinsi. Pun dengan pola penanganan dan pencegahannya. Dia meminta warga Pacitan, khususnya daerah yang terdampak penyebaran penyakit hepatitis A untuk menjaga kebersihan. “Ya harus menerapkan pola hidup sehat, biar tidak mudah tertular,” katanya.

Eko menjelaskan kemunculan wabah haptitis tersebut berawal dari adanya laporan dari Puskesmas Sudimoro pada Kamis (13/6/2019) lalu. Terindikasi mengalami hepatitis A lantaran salah satu didapati bola mata pasien berwarna agak kekuningan. Serta diikuti keluahan mual dan diare. “Terus hari-hari berikutnya bermunculan pasien dengan gejala serupa,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar