Pendidikan & Kesehatan

Pemkot Mojokerto Kampanyekan Germas dan Diet Sampah Plastik

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemkot Mojokerto menyerukan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan diet sampah plastik. Kampanye diserukan Walikota Mojokerto di lapangan Raden Wijaya, Jalan Raya Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu mengatakan, kampanye hidup sehat dengan slogan CERDIK. Yaitu C untuk cek kesehatan secara rutin, E untuk enyahkan asap rokok, R untuk rutin olah raga, D untuk diet gizi seimbang, I untuk istirahat cukup dan K untuk kelola stres.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh rumah sakit di Kota Mojokerto yang memberikan pemeriksaan gratis untuk mendukung kegiatan tersebut. “Juga dukungan dari TNI Polri,” ungkapnya, Senin (17/6/2019).

Hal tersebut, lanjut Ning Ita (sapaan akrab, red), sebagai wujud sinergitas dan harmonisasi di Kota Mojokerto yang bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat. Menurutnya, jika pimpinan bisa kompak maka masyarakatnya juga harus guyub rukun dan selalu menjalin kebersamaan.

“Melalui kegiatan ini, agar kita selalu menjaga pola hidup sehat, termasuk kampanye bebas sampah plastik yang diinisiasi oleh Dinkes Kota Mojokerto. Ini harus selalu kita gaungkan dan kita sampaikan kepada seluruh masyarakat. Sampah plastik butuh waktu ratusan tahun untuk terurai,” tuturnya.

Hal ini, lanjut Ning Ita, menjadi tanggung jawab generasi sekarang sehingga dapat memberikan kenyamanan dan mewariskan bumi yang sehat untuk generasi penerus bangsa. Selain itu, Ning Ita juga menghimbau agar warga Kota Mojokerto menjaga kerukunan dan kebersamaan di kota Mojokerto.

“Supaya kedepan pembangunan program-program pemerintah bisa berjalan dengan lancar untuk mensejahterakan warga Kota Mojokerto,” tegasnya.

Hadir juga Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Mojokerto, Nur Chasanah Achmad Rizal serta Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto, Harlistyati. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar