Pendidikan & Kesehatan

Pemkab Beri Lampu Hijau RSUD dr Harjono Cari Dana Talangan

Sekda Agus Pramono (foto dok beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo memberikan perhatian serius kepada RSUD dr Harjono, terkait tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan terhadap rumah sakit plat merah tersebut. Sekda Agus Pramono mengungkapkan pihaknya sudah bertemu dengan BPJS Kesehatan. Agus mencoba memaklumi bahwa persoalan keuangan memang tengah dialami BPJS.

”Keterlambatan pembayaran ini merupakan kasus nasional. Bukan hanya di Ponorogo, rumah sakit yang ada di luar kota pun juga mengalami hal yang sama,” kata Agus, Kamis (21/11/2019).

Dalam pertemuannya dengan BPJS, kata Agus mereka menawarkan solusi jangka pendek berupa mencari dana talangan. RSUD diminta mencari dana takangan dari perbankan untuk menutupi defisit kalim yang belum terbayarkan oleh BPJS. Meski pembayarannya menjadi kewajiban RSUD, namun BPJS bersedia membantu.

”Kalau pakai dana talangan di bank, bunga pinjamannya dibayar BPJS,” katanya.

Agus menyebut jika opsi mencari dana talangan itu bisa ditempuh. Karena pelayanan RSUD yang menjadi taruhannya. Selain itu payung hukum untuk melakukan peminjaman ini sudah ada. Karena ada surat dari kemendagri yang menyarankan langkah tersebut. Meski begitu, Agus mengungkapkan bahwa Pemkab hanya ingin melakukan pinjaman hanya dalam jangka pendek.

”Pihak RS masih menghitung dana operasional RSUD ini cukup sampai berapa bulan,” katanya.

Perlu diketahui sampai hari ini, BPJS masih menunggak pembayaran klaim kepada RSUD sebesar Rp 40,8 miliar. Terhitung mulai Mei hingga September lalu. Dan tunggakan tersebut belum yang di bulan Oktober dan November. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar