Pendidikan & Kesehatan

Pemilihan Rektor Unair, Mendikbud Punya 35 Persen Suara

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (Unair) sedang proses pemilihan Rektor Baru periode 2020-2025. Saat ini pemilihan dalam babak penetapan hasil verifikasi, Selasa (11/2/2020).

Dari 12 peserta pemilihan rektor tersaring 9 peserta dari tahap penetapan hasil verifikasi. Nantinya akan dipilih 3 bakal calon Rektor (bacarek) setelah melalui tahapan lanjutan. Nantinya Rektor baru akan dipilih secara mufakat di rapat senat oleh Majelis Wali Amanat (MWA).

Ketua Senat Unair, Prog Djoko Santoso mengatakan bahwa Unair memiliki 21 anggota MWA yang terdiri dari 3 pilar utama yakni, pemerintah, masyarakat dan civitas akademika. Pemerintah diwakili oleh Mendikbud Nadiem Makarim yang memiliki otoritas 35 persen suara dalam sidang senat pemilihan rektor. Sedangkan 65 persen sisanya merupakan bobot akumulatif dari 20 anggota MWA lainnya.

“Dalam statuta Unair mengedepankan musyawarah. Dari 3 bacarek nanti dipilih mufakat oleh anggota MWA. Mendikbud memiliki 35 persen suara sebagai perwakilan dari pemerintah,” ujar Prof Djoko. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar