Pendidikan & Kesehatan

Pasien 07 dan 08 Terjangkit Covid-19 di Kota Malang

Tim RSSA Kota Malang dan Wali Kota Malang mengumumkan pasien positif Covid-19.

Malang(beritajatim.com) – Dua pasien positif terinfeksi virus corona Covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, berdasarkan hasil jejak atau riwayat pasien 07 dan 08 terinfeksi Covid-19.

Kedua pasien ini tidak pernah ke luar kota dalam beberapa waktu terakhir, keduanya juga tidak berinteraksi dengan orang luar dari daerah terjangkit Covid-19.

Untuk pasien 07 berusia 21 tahun berjenis kelamin laki-laki, saat ini masih mendapatkan perawatan di RSSA Kota Malang. Sementara pasien 08 berusia 51 tahun berjenis kelamin wanita, telah meninggal dunia. Keduanya memiliki hubungan kerja tapi bukan satu keluarga.

“Mereka tidak ada hubungan kekeluargaan. Tapi ada kontak dari dua orang ini. Yang positif tidak ada hubungan dengan kasus yang di luar kota. Sepertinya kontak di dalam kota saja,” ujar Ketua Tim Siaga Corona RSSA Kota Malang, dr Didi Candradikusuma, Rabu, (18/3/2020).

Dugaan sementara kedua pasien ini terinfeksi virus justru di Kota Malang. Tim medis belum mengetahui Covid-19 sejak kapan terdeteksi di Kota Malang. Apalagi sifat dari virus ini bisa bermutasi dan berubah di lingkungan yang berbeda.

“Kita belum tahu ini mutasi atau memang sama dengan yang di China. Karena bisa saja, virus Covid-19 ini sifatnya bisa mutasi bisa berubah dengan lingkungan yang berbeda,” ujar Didi.

Setelah menemukan fakta ini, RSSA bekerjasama dengan berbagai pihak mulai dari Pemerintah Kota Malang hingga salah satu Perguruan Tinggi di Kota Malang untuk menelusuri jejak rekam atau riwayat dua pasien ini sebelum dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pemkot Malang dan salah satu Universitas. Siapa saja yang berkontak dengan pasien. Sudah kami periksa dan masih menunggu hasil. Semoga kontak dari anggota keluarga maupun perawat negatif,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar