Pendidikan & Kesehatan

Pakde Karwo Terbitkan Buku Kebijakan Genue Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Islam Negeri Surabaya (UINSA) mengadakan bedah buku ‘Tradisi dan Modernisasi Pendidikan Diniyah Pesantren’ hasil karya Dr. H. Soekarwo, Senin (18/3/2019) di Amphiteater Lantai 2 Gedung Kembar UINSA.

Dalam pemaparannya, buku ini merupakan hasil kerja keras Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo ketika menjabat Gubernur Jawa Timur. Buku ini pula merupakan usaha yang dilakukan pemerintah Jatim dalam pengaplikasian kebijakan UU No. 20 tahun 2003 yang dirasa belum sepenuhnya mengembangkan potensi Madrasah Diniyah.

Untuk itu Pakde Karwo bersama tim ahli dari UINSA menggerakkan potensi besar sekolah Islam terutama Madrasah Diniyah dengan mendeskresi Kebijakan Pemprov Jatim. Kebijakan yang kemudian dikenal sebagai ‘Genue Jatim’ ini memberikan beasiswa S1 kepada guru Madrasah Diniyah.

“Sebelum tahun 2006 dengan adanya kebijakan UU No. 20 th 2003 yang tidak menyebutkan Pendidikan Diniyah sebagai satuan pendidikan baik tingkat pendidikan dasar maupun menengah. Sehingga ijazah tidak diakui secara formal, lulusannya dianggap tidak setara dan sebagainya. Makanya kami lihat ini harus dideskresi untuk menyetarakan pendidikan Islam yang sangat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan,” ujar Pakde.

Buku ini adalah hasil implementasi dari usaha Pakde bersama Tim UINSA dalam mengkolaborasikan pendidikan umum dan madrasah yang memiliki pendekatan islami. Menurut Pakde, kolaborasi ini akan mampu mengatasi krisis kemanusiaan abad modern ini.

“Narasi apa yang kita kerjakan, awalnya bertujuan untuk jadi policy pemerintah. Bagaimana pendidikan luar biasa dalam basis religi tidak saja harus ada tapi dikembangkan. Hubungan antara kiai dan santri harus bisa diadopsi dan kitab kuning sebagai dasarnya,” papar Soekarwo.

Ali Mudlofir selaku Pengamat Pendidikan Islam mengatakan, deskresi itu benar-benar kebijakan yang baik dari ide Pakde, enpowering nasib guru dan siswa madrasah Diniyah itu belum ada yang memulai selain Pakde. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar