Pendidikan & Kesehatan

Nilai UNBK SMA/SMK di Sampang Rengking Terbawah Se Jawa Timur

Sampang (beritajatim.com) – Hasil nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK se Kabupaten Sampang, menempati urutan terendah perolehan rata-rata nilai UNBK di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sampang Asyari menyatakan, tahun ini rata-rata nilai UNBK di Sampang dibawah standar kompetensi lulusan (SKL). Angka SKL minimal rata-rata 5,5. Sedangkan nilai rata-rata Sampang berada di bawah angka 5.

“Rata-rata nilainya memperoleh katagori D,” terang Asyari, Selasa (14/5/2019).

Asyari menamabahkan, penyebab nilai UNBK selalu terendah sampai saat ini karena fasilitas pendidikan di Sampang kurang memadai. Ditambah peran orang tua siswa untuk meningkatkan semangat belajar masih rendah.

“Tanpa dukungan orang tua di rumah, sebagus apa pun pendidikan di sekolah tidak akan maksimal. Selama ini banyak sekolah menerapkan sistem pembelajaran yang bagus, tapi dukungan dari orang tua masih minim,” tegasnya.

Sekedar diketahui, total peserta UNBK di Sampang 6.360 siswa , rinciannya 3.529 siswa SMA dan 2.831 SMK rata-rata berasal dari lembaga pendidikan swasta. Sekolah negeri itu untuk SMA 10 lembaga dan SMK 7 lembaga. Sedangkan yang swasta dari SMA dan SMK sebanyak 163.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar