Pendidikan & Kesehatan

Menilik Sekolah Para Anak TKI di KJRI Johor Bahru

Beritajatim.com saat bersama para siswa

Johor Bahru (beritajatim.com) – Berkesempatan mengelilingi komplek Sekolah Indonesia Johor Bahru milik Konsulat Jendral Republik Indonesia di Malaysia, menjadi hal baru bagi beritajatim.com untuk melihat bagaimana anak-anak para Tenaga Kerja asal Indonesia bersekolah.

Lokasinya tepat di belakang Kantor Konsulat Jendral Republik Indonesia di kawasan Taat, Johor Bahru. Di sekolah tersebut, beritajatim.com melihat secara langsung bagaimana siswa sekolah dasar hingga menengah atas asal Indonesia, mengenyam standard pendidikan.

Secara umum, tidak ada yang beda dari pembelajaran dengan sekolah yang ada di Indonesia. Yang jadi pembeda, hanya masalah surat menyurat. Para siswa yang bersekolah di gedung berwarna biru itu, kebanyakan belum memiliki dokumen lengkap. Namun karena harus mengenyam pendidikan yang layak, di tahun 2014 KJRI memfasilitasi dengan mendirikan sekolah dasar dan menengah pertama.

Beritajatim.com saat bersama para siswa hormat kepada Sang Saka, bendera Merah Putih

Agar ketika kembali ke tanah air, anak dari para TKI ini bisa melanjutkan pendidikan secara normal dengan memberikan surat administrasi dengan mudah. “Sekolah ini baru berdiri sejak 2014 lalu, muridnya hanya 25 orang. Tujuan kita adalah memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anak warga Indonesia yang bekerja di Malaysia tepatnya Johor Bahru, supaya bisa lanjut sekolah dan jika pindah ke Indonesia mereka bisa lebih mudah,” ucap Sunarko, Perwakilan Konsulat Jendral Republik Indonesia, Senin (20/1/2020).

Yang menarik, selain gratis, di awal berdiri, sekolah tersebut juga memberikan fasilitas antar jemput di beberapa titik wilayah di Johar Bahru. Saat ini, sekitar 250 pelajar bersekolah di KJRI Johor Bahru. Salah satu siswa asal Bandung, Pakar, yang mengaku senang bersekolah di KJRI. “Bagus sekolahnya. Enak, banyak teman dari berbagai daerah dan bisa bahasa Indonesia semua,” ucap siswa kelas 4 Sekolah Dasar ini.[way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar