Pendidikan & Kesehatan

Mendikbud RI: 7000 Guru Akan Dapat Beasiswa Pendidikan

Surabaya (beritajatim.com) – Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI hari ini menghadiri Silatnas BEM PTMI yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) hari ini, Selasa (9/4/2019) di Gedung At Tauhid lantai 13 UMS.

Dalam agenda tersebut, Prof. Muhadjir menjadi pembicara mengenai peran mahasiswa dan BEM dalam misi peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Pada kesempatan itu pula, ia mengatakan bahwa hal penting yang harus diperhatikan oleh sistem pendidikan di Indonesia adalah tidak hanya akademik tapi juga kemampuan dalam bidang ekonomi kreatif.

Selain itu, Prof. Muhadjir mengatakan bahwa untuk mencapai target tersebut salah satunya melalui memacu peningkatan kualitas akademik dengan beasiswa pendidikan. Ia pun mengatakan bahwa anggaran beasiswa dan LPDP sebanyak 25 persen dari keseluruhan anggaran biaya pendidikan.

Beasiswa tersebut tidak hanya untuk mahasiswa tetapi juga beasiswa untuk guru dari guru PAUD hingga guru SMK. Ia mengatakan bahwa targetnya sebanyak 7000 guru diberikan beasiswa untuk batch marking.

Saat ini pun sudah 1100 guru yang telah diberikan beasiswa keluar negeri sesuai dengan kualifikasinya dengan durasi 3-4 Minggu. Contohnya Guru SMK akan diberikan beasiswa untuk belajar atau kursus singkat ke negara dengan teknik perindustrian yang maju seperti Jerman, untuk guru dengan kualifikasi pendidikan karakter akan diberi beasiswa ke Jepang atau Finlandia.

“Harapannya semua orang dapat mengakses beasiswa tersebut dan dengan itu maka kualifikasi guru akan meningkat serta apa yang telah didapat bisa dipraktekkan ke murid-murid nya di Indonesia,” pungkasnya. Jadi bagi guru yang belum dapat giliran ditunggu pasti akan dapat giliran dapat beasiswa. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar