Pendidikan & Kesehatan

Mau Cepat Lulus S3? Ini Tips-nya

Jember (beritajatim.com) – Ada sejumlah tips agar seorang mahasiswa S3 bisa segera lulus program doktoral. Pemilihan lokasi diskusi dengan pembimbing atau promotor jadi salah satu kunci.

Desy Cahya Widianingrum, doktor lulusan Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, mengatakan, promotor berperan penting dalam proses penyusunan disertasi. “Jika Promotornya agak rewel bisa-bisa semua judul disertasi yang diajukan tidak disetujui,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Padahal, memilih judul disertasi tak mudah. “Jangankan menyusun disertasi, memilih judul yang akan diteliti saja membutuhkan waktu yang cukup lama,” kata Desy.

Jika topik disertasi sudah disetujui dan penelitian sedang atau akan dilakukan, Desy menyarankan perlunya membangun komunikasi baik dengan promotor melalui kegiatan-kegiatan diskusi bersama. Grup diskusi dibutuhkan agar permasalahan dalam penelitian bisa diselesaikan bersama. “Perbanyak diskusi terkait topik yang sedang ataupun yang akan diteliti,” katanya.

Pilih lokasi diskusi yang nyaman. “Paling enak itu kalo diskusinya di tempat makan bersama promotor seperti yang sering saya lakukan,” kata Desy.

Desy juga menekankan kepada mahasiswa S3 yang sedang menggarap disertasi agar menyempatkan diri berlibur. “Biar pikiran tidak stres,” katanya.

Terakhir, mahasiswa agar selalu menghubungi orang-orang tercinta. “Jangan tidak terputus dalam doa,” kata dosen Program Studi Peterenakan Universitas Jember ini yang menyelesaikan program S3 dalam waktu empat tahun ini. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar