Pendidikan & Kesehatan

Mas Abu Pimpin Upacara Hardiknas di Balai Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) diperingati setiap 2 Mei di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kota Kediri.

Peringatan ini diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tokoh pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Bertempat di Balai Kota Kediri, Kamis (2/5/2019).

Peringatan Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan dan diikuti mulai dari Pelajar, ASN, jajaran kepolisian, TNI dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar membacakan amanat dari Mendikbud di hadapan seluruh peserta upacara.

Mas Abu menyampaikan bahwa dalam lima tahun terakhir, pemerintah fokus melakukan pembangunan infrastruktur seperti prasarana transportasi darat, laut maupun udara.

Karena memiliki infrastruktur yang baik merupakan prasyarat untuk menjadi negara maju. Disisi lain, pemerintah juga memulai pembangunan dari kawasan terluar.

Hal  ini penting, untuk mempertegas kehadiran dan kedaulatan negara. Merespon hal itu, Kemendikbud telah memberi perhatian terhadap kualitas pendidikan di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T), bahkan kepada keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak Malaysia.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Kediri menyampaikan saat ini perhatian pemerintah mulai bergeser dari infrastruktur ke sumber daya manusia (SDM).

Dalam membangun SDM, Kemendikbud menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik, terampil dan cakap memasuki dunia kerja. “Semua ini, tentunya membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat maupun daerah,”ujar Walikota Kediri.

Dalam sambutannya, Walikota Kediri berharap, peringatan Hari Pendidikan Nasional ini bukan sekedar seremoni belaka, tetapi juga menjadi momentum mewujudkan misi Kemenristekdikti dan Kemendikbud dalam memajukan pendidikan di bumi pertiwi ini.

Seusai upacara, Abdullah Abu Bakar beserta Forkopimda Kota Kediri menyerahkan sertifikat penghargaan kepada 49 siswa berprestasi Kota Kediri tingkat nasional dan provinsi. Setelah itu dilanjutkan dengan unjuk gelar dari SMP Pawyatan Daha 1.

Hadir dalam upacara ini pula, Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibbah, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, Dandim 0809 Letkol Kav Dwi Agung, Ketua DPRD Kota Kediri Kholifi Yunon, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Neki Budwi Sunu, perwakilan Kantor Imigrasi, perwakilan Kejaksaan Kota Kediri, perwakilan BPJS Kesehatan, Kepala OPD, serta perwakilan dari GOW Kota Kediri. [adv hms/nng].

Apa Reaksi Anda?

Komentar