Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa EBIS Jalani Program KOL dan Experintial Learning

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 153 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) IAI Al-Khairat Pamekasan, menjalani progam Kuliah Observasi Lapangan (KOL) dan Experintial Learning 2019 di dua lokasi berbeda, yakni di kota Pasuruan dan Surabaya, Selasa (19/11/2019).

Jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 94 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY), serta sebanyak 59 mahasiswa lainnya merupakan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah (PSY). Mereka secara resmi dilepas oleh Dekan Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir di kompleks kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Mahasiswa Prodi ESY melakukan kegiatan Observasi Lapangan di PT Tirta Fresindo Pasuruan, salah satu grup bisnis Mayora. Sementara mahasiswa Prodi PSY melakukan studi ke OJK dan Bank Indonesia di Surabaya,” kata Dekan Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir.

Selain itu pihaknya menyampaikan tujuan program tersebut sebagai upaya mengenalkan mahasiswa pada produk bisnis skala besar, sekaligus memberikan tambahan wawasan bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas EBIS agar bisa mendapat gambaran konkrit seputar teori dan praktik secara bersamaan.

“Selama ini kita di Madura sudah terbiasa dan mengenal berbagai produk Mayora, sehingga kami berinisiatif untuk membawa mahasiswa untuk mempelajari seputar bisnis Mayora, mulai dari proses hingga manajemen produksi, termasuk manajemen pemasaran di Mayora,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap program tersebut dapat menjadi pengalaman penting dan berharga bagi mahasiswa, sekaligus menjadi motivasi penting bagi mahasiswa. “Kita harapkan program ini menjadi motivasi dan pengetahuan bagi mahasiswa tentang bagaimana bisnis besar dijalankan,” harapnya.

Sementara Kaprodi Perbankan Syariah (PSY) IAI Al-Khairat Pamekasan, Matnin menyampaikan program Experintial Learning sebagai salah satu upaya guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam literasi. Baik pada aspek akademik maupun praktis.

“Melalui kegiatan ini kami berharap mahasiswa kami nantinya memiliki literasi mempuni, baik dalam aspek akademik maupun praktis. Apalagi dalam program ini, mereka juga dapat memadukan antara teori yang didapat di bangku kuliah dengan pengalaman lapangan di lokasi kegiatan,” kata Matnin.

Selain itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa di lingkungan Prodi PSY, agar dapat memacu spirit keingin tahunan mereka terhadap persoalan perbankan. “Program ini tentunya sangat mendukung terhadap proses pembelajaran mahasiswa, kami berharap semoga bermanfaat,” harapnya.

“Namun yang pasti, melalui program ini nantinya kita harapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk berinovasi sekaligus mengembangkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Apalagi hal ini juga menjadi momentum tepat untuk merealisasikan kemampuan,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar