Pendidikan & Kesehatan

Hari Pertama UNBK SMK di Bojonegoro

Lima SMK Masih Menumpang, Lima Peserta Mundur

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hari ini siswa tingkat SMK melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (25/3/2019). Pelaksanaan UNBK berjalan lancar. Meski masih ada sekolah yang melakukan UNBK dengan cara menumpang di sekolah lain.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang masih menumpang dalam pelaksanaan UNBK sebanyak lima sekolah. Alasannya, sarana dan prasarana belum memadai jika digunakan UNBK secara mandiri.

Seperti SMK Islam yang menumpang di SMKN 4 Bojonegoro. Menurut Kepala SMKN 4 Bojonegoro, Edy Yusuf, lembaganya sejak beberapa waktu lalu memang digunakan untuk menumpang sekolah yang belum memadai Sarpras dalam menggelar UNBK.

Tahun ini, kata dia, sekolah yang menumpang yakni SMK Islam Bojonegoro. “Siswa SMKN 4 yang ikut UNBK ada 409 siswa, sedangkan siswa SMK Islam ada 16 siswa,” terang Edy.

Masih kata Edy sapaan akrabnya, untuk memantau UNBK dirinya memakai pemantauan melalui CCTV, meski begitu, pemantauan di dalam lab UNBK juga melibatkan pengawas ruangan maupun petugas dari pihak aparat kepolisian.

Terpisah, Kepala SMK Islam Bojonegoro, Wahib mengungkapkan saat ini lembaga yang dia pimpin fasilitasnya belum memadai. Selain itu, akreditasi sekolah juga masih C. Sehingga, dalam melaksanakan UNBK harus menumpang di Sekolah yang mempunyai jurusan sama. “SMK Islam hanya punya satu Jurusan yakni Pertambangan,” terang Wahib.

Lanjut Wahib, awalnya siswa yang di daftarkan ikut UNBK ada 18 orang, namun saat Pelaksanaan UNBK dua siswanya mengundurkan diri karena bekerja di luar daerah.

Seperti diketahui hari Pertama UNBK tingkat SMK di Bojonegoro diikuti sebanyak 5.862 siswa. Dari total tersebut ada lima siswa dihari pertama tidak mengikuti UNBK karena mengundurkan diri. Salah satunya dikarenakan bekerja di luar daerah Bojonegoro. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar