Pendidikan & Kesehatan

KLB Demam Berdarah, Ponorogo Akan Lakukan PSN Serentak.

Salah satu pasien DBD yang dirawat di RSUD Dr. Harjono Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, drg. Rahayu Kusdarini akan melakukan fogging di tempat yang sudah menjadi endemik nyamuk Aedes Aegypti dengan menambah alat agar tidak panjang antrian permintaannya.

“Puncak Demam Berdarah Dengue (DBD) pada bulan Januari lalu. Semoga bulan ini grafiknya menurun,” katanya, Sabtu (2/2/2019).

Selain fogging, Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) juga akan dilakukan serentak di seluruh wilayah Ponorogo. “Kami juga minta bantuan para camat untuk mensosialisasikan ke desa-desa. Semoga dengan PSN serentak ini penderita DBD turun, bahkan bisa bebas dari DBD,” harapnya.

Sebelumnya, sesuai keputusan bupati, Ponorogo ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah menyusul ratusan warga yang terjangkit dan dirawat di berbagai rumah sakit. Dengan status KLB, Pemkab Ponorogo bisa melakukan tindakan luar biasa. Seperti meminta rumah sakit atau puskesmas untuk menggratiskan pasien DBD yang opname dan menggunakan dana tak terduga untuk pengadaan alat fogging ataupun kegiatan PSN. [end/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar