Pendidikan & Kesehatan

KKN Berujung Aplikasi Game Sosialisasi Diare

Jember (beritajatim.com) – Tiga orang mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendesain aplikasi game atau permainan untuk menyosialisasikan bahaya penyakit diare.

Tiga mahasiswa itu adalah yuli Lusiana Sari, Herlin Karismanigntyas, dan Ferry Fitriya Ayu Andira. Game yang mereka bikin bernama Komandan H alias “Kenali dan Obati Masalah Diare Anak Dengan Herbal”. Game ini mengantarkan mereka meraih medali emas di ajang International Conference On Recent Advances in Medical Science di Malaysia.

Ide awal mereka muncul saat mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di desa. Mereka melihat penyakit diare menyerang anak-anak karena gaya hidup yang tak sehat.

“Mereka terkena diare karena anak-anak tadi masih buang air sembarangan, mandi di sungai yang kotor, makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu, atau makan jajanan yang tidak bersih,” kata Yuli sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember.

Aplikasi game dipilih, karena dianggap mudah menarik anak-anak untuk mendapat penjelasan soal perilaku hidup sehat. Aplikasi game Komandan H ini kemudian dicoba pada siswa SDN 02 Tegalgede Jember.

Hasilnya, banyak siswa yang tertarik memainkan aplikasi game ini. Apalagi game ini bisa diatur akan bermain sendiri atau berkelompok.

“Komandan H kami susun seperti permainan monopoli. Siswa atau kelompok siswa berlomba menuju garis akhir dengan terlebih dahulu menjawab soal yang diberikan secara bertahap,” kata Yuli. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar