Pendidikan & Kesehatan

Ketua DPRD Sampang Desak Disperdagprin Sidak Bazar Takjil

Sampang (beritajatim.com) – Menghindari adanya penggunaan bahan pewarna dan pengawet seperti formalin terkonsumsi oleh masyarakat di bulan Ramadan, Ketua DPRD Sampang Juhari meminta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) setempat peka dan segera melakukan Inspeksi mendadak terhadap aneka ragam jajanan takjil yang dijual.

“Ramadan 2018 lalu ditemukan jajanan bazar takjil mengandung bahan pewarna dan pengawet berbahaya. Maka dari itu, untuk puasa kali ini diharapkan dinas terkait segera melakukan inspeksi terhadap jajanan bazar takjil supaya tidak membahahakan kesehatan warga Sampang,” terangnya, Rabu (15/5/2019).

Sementara Kasi Perlindungan Konsumen dan Metrologi Legal Disperindagtam, Syamsuddin mengaku telah merencanakan sidak makanan dan minuman (mamin) olahan menu takjil pada pekan depan. Meski begitu, pihaknya menjelaskan bahwa sidak tersebut sebelumnya merupakan kewenangan Dinas Kesehatan.

“Tapi tahun ini, pengawasan dialihkan ke Disperdagprin. Sedangkna Dinkes hanya sebatas melakukan pembinaan. Tapi yang jelas kami telah merencanakan pekan depan sidak makanan takjil,” paparnya.

Disisi lain Syamsudiin mengingatkan kepada para penjual untuk lebih memperhatikan kualitas makanan. Sebab jika terbukti mengandung bahan yang berbahaya, akan terjerat ancaman hukuman pidana. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar