Pendidikan & Kesehatan

Ketua Dharma Wanita Dindik Jatim Dorong Ibu-ibu Tampil Menarik

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Darmawanita Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Atik Saiful Rachman hari ini mengadakan kegiatan “Seminar Dharma Wanita Menyambut Peringatan Hari Kartini” di Premiere Ballroom lantai 4 Hotel Mercure Surabaya, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 600 ibu-ibu Dharma Wanita se Jatim ini mengundang Soraya Haque sebagai pembicara. Soraya yang biasa dipanggil Aya ini pun membagikan tips dan trik parenting anak millenial, yakni bagiamana orang tua seharusnya mendidik anak milenial dengan segala aspek dari kemajuan zaman.

Aya menjelaskan bahwa mendidik anak seharusnya disesuaikan dengan zamannya, yang dalam artian orang tua juga harus mengerti dan mengikuti perkembangan zaman agar dapat dengan tepat memberikan pelajaran kepada anak-anaknya.

“Didiklah anakmu sesuai zamannya, jangan kemudian mendidik anak sesuai dengan zaman orang tuanya ya gak nyambung,” ujar Aya.

Menurut Aya banyak orang tua yang kurang tepat dalam mendidik anak anak milenial. Orang tua tidak bisa atau gagap dalam mengenali kemujaan teknologi yang saat ini menjadi bagian dari keseharian anak sehingga menimbulkan gesekan antara orang tua dan anak.

Orang tua yang tidak mau belajar tentang teknologi pasti akan terus curiga dengan apa yang dimainkan anak. Seperti misalnya orang tua jadi marah karena anaknya main handphone padahal anaknya sedang belajar online misalnya.

“Untuk itu, harus dibangun jembatan antara orang tua dan anak, anak harus menerangkan dan memberikan pemahaman atas apa yang dia lakukan, sedangkan orang tua harus mulai membuka diri dengan teknologi, agar tidak melulu curiga,” terang Aya.

Selain orang tua harus mengetahui dan melek teknologi, orang tua juga harus mulai memahami bahwa saat ini minat, perhatian dan cita-cita anak tidak hanya tertuju pada hal hal pakem. Saat ini anak milenial banyak yang bercita-cita jadi YouTuber, Creativ content dan sebagainya yang mungkin dipandang orang tua sebagai pekerja yang tidak serius.

“Padahal, jadi comica, infulencer itu gajinya bisa lebih besar dari dokter. Orang tua harus mulai paham bahwa saat ini ada yang namanya millenial job yang juga sangat menjanjikan,” pungkas Aya.

Disamping itu, Atik Saiful Rachman saat ditemui usai acara pun mengatakan bahwa kegiatan ini selain untuk memberikan wawasan parenting untuk ibu-ibu Dharma Wanita dalam mendidik dan mengasuh anak millenial, juga difokuskan untuk bagiamana ibu-ibu Dharma Wanita ini mampu tampil percaya diri, mandiri dan berkualitas.

“Harapan kami, menciptakan SDM yang mandiri, percaya diri dan berkualitas,” ungkap Istri Kepala Dindik Jatim tersebut.

Selain diisi dengan seminar parenting, kegiatan ini diisi pula dengan beauty class. Tujuannya, menurut Atik adalah untuk mengajarkan bagaimana Ibu-ibu Dharma Wanita ini mampu tampil menarik dan percaya diri.

“Ada beauty class, nanti diajari bagaimana cara pakai makeup yang benar yang sesuai dengan usianya. Bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi ibu-ibu ini juga diajarkan bagaimana merias siswa siswa yang mau tampil untuk lomba dan acara acara panggung. Kan riasannya juga beda untuk anak anak dan ibu ibu,” tambah Atik.

Atik pun berharap dengan adanya workshop makeup ini, ibu-ibu Dharma Wanita mampu merawat dirinya dengan baik, sehingga memancarkan rasa percaya diri sebagai Kartini Indonesia. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar