Pendidikan & Kesehatan

Kebakaran FKM UNAIR Dipadamkan Dalam 30 Menit

Surabaya (beritajatim.com) – Terjadi kebakaran di ruang administrasi kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Senin (4/2/2019) dini hari pukul 01.35. Kebakaran yang terjadi di ruang berukuran 3×3 meter itu diawali dari suara kaca dan kaca lampu ruangan yang pecah. Beruntung, para petugas jaga cepat dan tanggap sehingga tak sampai 30 menit api dapat dipadamkan.

Tiga petugas yang berjaga malam itu yaitu Tri Pujiono, Memed, dan Wawan langsung bertindak dengan mengambil Alat Pemadam Api Ringan (Apar). Sementara satpam atas nama Bagus menghubungi petugas pemadam kebakaran (PMK).

Dalam jangka 5 menit setelah dihubungi, PMK Surabaya di Rangkah yang berjarak 3,5 Km dari lokasi kejadian datang dan membantu melakukan proses pemadaman. Tak sampai 10 menit kemudian api teratasi. Dengan dibantu petugas keamanan internal, Damkar, dan petugas kepolisian, api dapat diatasi.

Mengenai kejadian kebakaran itu, Ketua Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga Dr. Suko Widodo M.Si mengatakan kebakaran tersebut kemungkinan besar terjadi karena konsleting atau hubungan arus pendek.

“Setelah saya melihat lokasi pascakebakaran, sedang dilakukan pembersihan sisa-sisa kebakaran. Kami sangat berterima kasih yang dalam 5 menit setelah dihubungi, petugas pemadam kebakaran telah sampai di
lokasi. Demikian juga kami berterima kasih kepada pihak Polsek Mulyorejo yang turut membantu penanganan kebakaran,” ujar Suko

Tidak sampai 30 menit, percikan api yang sempat membakar ruangan 3×3 teratasi, kerugian kecil 2 personal computer (PC), 1 printer, dan sekitar 20 baju toga dan topinya. Suko menambahkan bahwa yang membuat cepat penanganan kebakaran adalah petugas fakultas yang tangkas, cepat, dan terlatih.

“Menggunakan Apar yang ada, langsung menelpon petugas damkar. Nah, 5 menit kemudian petugas damkar datang,” pungkasnya. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar