Pendidikan & Kesehatan

Karnaval Pamekasan 2019

Karnaval, Siswa Rela Keluarkan ‘Biaya Mahal’ Demi Tampil Menarik

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah siswa sekolah di Pamekasan, harus rela mengeluarkan ‘biaya mahal’ demi tampil menarik pada kegiatan karnaval yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 Republik Indonesia di Bumi Gerbang Salam, Senin (12/8/2019).

Hal itu terlihat ketika sejumlah siswa tampil dengan busana memakau kala tampil pada karnaval di Pamekasan, yang mengangkat tema ‘Penetapan Budaya Lokal untuk Menjaga NKRI Menuju Pamekasan Hebat, Bhejre, Rajjhe tor Parjhuge’.

“Sebagian besar siswa mengenakan busana menarik dengan biaya pribadi, sekalipun juga ada sebagian yang mendapat bantuan dari pihak sekolah,” kata salah satu guru yang namanya enggan dipublis, ketika mengantarkan siswa mereka dalam kegiatan Karnaval 2019 di Pamekasan.

Hanya saja pihaknya enggan menjelaskan secara detail seputar harga pasti dari busana yang disewa para siswa, namun tidak menutup kemungkinan harga tersebut berkisar di angka ratusan hingga jutaan rupiah setiap satu unit busana yang menjadi kenakan.

“Soal harga variatif, tergantung dari motif maupun bahan yang mereka kenakan. Tapi yang pasti harga sewa sekitar ratusan atau bahkan jutaan rupiah, eksistensinya untuk tampil memakau di kegiatan karnaval tahun ini,” ungkapnya.

Namun pihaknya juga memastikan jika selama ini pihak sekolah memberikan fasilitas terbaik bagi para siswa, terlebih mereka juga tampil dalam kegiatan karnaval mewakili sekolah dimana mereka belajar. “Sederhananya ada yang dari sekolah dan ada yang pribadi, rata-rata sewa dan include ke salon masing-masing,” jelasnya.

Seperti diketahui, pelaksanan karnaval tahun ini digelar serentak dan diikuti siswa sekolah dari semua tingkatan. Mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs hingga tingkat SMA dan sederajat. Mereka tampil dari garis start yang dipusatkan di depan Pendopo Wakil Bupati, Jl Jokotole.

Prosesi pelepasan peserta karnaval dilakukan langsung oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam didampingi jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) setempat, disaksikan ratusan atau bahkan ribuan masyarakat. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar