Pendidikan & Kesehatan

Ipong Minta BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan Rp 40,8 M Kepada RSUD dr. Harjono

Ponorogo (beritajatim.com) – Bupati Ipong Muchlissoni berencana akan menyetop pembayaran iuran terhadap Badan Penjamin Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Baik itu pembayaran tunjangan kesehatan untuk pegawai negeri dan berbagai iuran jaminan kesehatan untuk rakyat miskin yang dibiayai oleh Pemkab Ponorogo. Pasalnya BPJS Kesehatan mempunyai tunggakan yang belum dibayarkan ke RSUD dr. Harjono.

“Pemkab akan lakukan langkah tegas, jika BPJS Kesehatan tidak segera membayarkan tunggakan ke RSUD dr. Harjono,” kata Ipong, Sabtu (16/11/2019).

Menurut data dari rumah sakit milik Pemkab tersebut, pembayaran dari bulan Mei hingga September belum dibayar oleh BPJS. Jika ditotal itu nominalnya mencapai Rp 40,8 miliar. Dimana tiap bulannya tunggakannya senilai Rp 8 miliar.

“Jadi uang yang setiap bulannya dikeluarkan Pemkab untuk BPJS itu dialihakan untuk menalangi RSUD,” katanya.

Langkah tersebut dilakukan semata-mata untuk menyelamatkan RSUD yang saat ini dilanda krisis keuangan. Sebab setiap bulannya RSUD dr. Harjono mengeluarkan untuk operasional sebanyak Rp 11 miliar. Beban rumah sakit sangat berat jika tunggakan BPJS tidak segera dibayarkan. Meski Ipong mengakui jika iuran ke BPJS yang disubsidi Pemkab senilai Rp 3 miliar itu belum mencukupi untuk menutup kekurangan biaya operasional dari RSUD

“Meski belum mencukupi, tapi setidaknya akan sangat membantu operasional dari RSUD. Saya harap BPJS segera dapat melunasi tunggakannya,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar