Pendidikan & Kesehatan

Ini CaraAisyiyah Pamekasan Antisipasi Penyakit TBC

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Sub-Sub Recipient(SSR) TB HIVCareAisyiyah Pamekasan, Ruhayati menyampaikan pentingnya antisipasi dan pencegahan penyakit tuberculosis atau yang lebih dikenal dengan penyakit TBC.

“Berdasar data yang kami miliki, penyakit TBC menjadi salah satu penyebab kematian bila tidak ditangani dengan baik dan benar,” kata Ketua SSR TB HIV Care Aisyiyah Pamekasan, Ruhayati, Kamis (25/4/2019).

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab dalam perkembangannya penyakit TBC juga sudah memiliki beberapa tipe yang tentunya juga sangat berbahaya. Mulai dari tipe TB Reguler hingga tipe TB Ro (katagori kebal). “Jadi TB tidak hanya menyerang paru, tetapi juga pada kulit, kelenjar, tulang hingga HIV,” ungkapnya.

“Kami kira perlu adanya partisipasi aktif dari warga guna selalu mengingatkan pentingnya mencegah dan mengobati TBC, sayangnya masyarakat masih enggan dan takut memeriksakan diri sebagai upaya dini pencegahan dan pengobatan,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya tetap komitmen melakukan sosialisasi sekaligus pencegahan dan pengobatan terhadap jenis penyakit tersebut. “Bentuk keseriusan kami salah satunya dengan program rekrutmen kader dan relawan dari berbagai Puskesmas di Pamekasan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, para kader dan relawan juga di gembleng dengan berbagai materi seputar antisipasi sekaligus penanganan jenis penyakit TBC yang digelar dalam sebuah forum yang digelar di Aula Hotel Cahaya Berlian Jl Trunojoyo, dalam beberapa hari terakhir.

“Melalui program ini kami berharap bisa membantu program pemerintah daerah dan pusat serta dan dunia, dalam hal ini WHO dan Global Fund ATM untuk mengurangi dan mengeliminasi penyakit TB dengan cara kader terjun langsung ke masyarakat menyisir dan melakukan investigasi kontak guna upaya screening penemuan penyakit TB,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar