Pendidikan & Kesehatan

Ini 7 Unsur Pekan Ngaji 4 Pesantren Bata-Bata

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelaksanaan Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata mengusung tujuh unsur utama dengan sebanyak 28 materi berbeda yang akan berlangsung selama 10 hari kedepan, terhitung mulai Kamis hingga Minggu (10-20/1/2019) mendatang.

Ketujuh unsur dari program bertaraf internasional tersebut, meliputi unsur improvment (perbaikan), education (pendidikan), innovation (inovasi), motivation (motivasi), publishing (penerbitan), entertaining (hiburan) dan Entrepreneurship (kewiraswastaan).

Tujuh unsur dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Menuju Generasi Shalih dan Muslih’, nantinya akan dikupas melalui berbagai materi berbeda yang akan dibahas dalam kegiatan yang akan dipusatkan di kompleks pesantren di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan.

“Jadi dalam kegiatan Pekan Ngaji 4 nanti, meliputi sebanyak tujuh unsur utama. Mulai dari unsur pendidikan, motivasi, inovasi, perbaikan, hiburan hingga kewirausahaan atau kewiraswastaan,” kata Ketua Steering Commite (SC) Pekan Ngaji 4 Wahyudi Efendi, Selasa (1/1/2019).

Tidak hanya itu, ketujuh unsur tersebut nantinya bakal diimplementasikan dalam berbagai materi berbeda yang akan diisi oleh pakar dan profesional di bidang masing-masing. “Kegiatan ngaji nantinya akan diawali dengan materi Ngaji Fiqh al-Da’wah dengan target capaian memahami konsep dakwah ala Rasulullah,” ungkapnya.

“Selain itu, nantinya juga bakal ada materi ngaji tafsir, menulis, supervisi pendidikan, fotografi, problematika keumatan, metodologi dakwah, politik, konflik Timur Tengah, sejarah dan manunskrip, hingga materi ekonomi Islam hingga ngaji pemberdayaan ekonomi umat,” jelasnya.

Lebih lanjut dijabarkan, pelaksanaan ngaji tersebut nantinya juga bakal diisi oleh para pemateri luar negeri. “Selain pameteri lokal yang pakar di bidang masing-masing, nantinya juga akan diisi oleh pemateri asal luar negeri. Semisal Brunai Darussalam, Malaysia, Mesir hingga Singapura,” pungkasnya. [pin] 

Apa Reaksi Anda?

Komentar