Pendidikan & Kesehatan

IAIN Jember Selamatkan Naskah-Naskah Kuno Islam Nusantara

Jember (beritajatim.com) – Sejumlah naskah kuno keagamaan karya ulama nusantara dalam proses penyelamatan oleh Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Naskah kuno tersebut berasal dari sejumlah daerah, seperti Jambi, Sumenep, Boyolali, Pamekasan, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, dan beberapa daerah lain. Pemilik naskah biasanya menghibahkannya kepada IAIN.

Kepala Perpustakaan IAIN Jember Abdu Muis mengatakan, isi naskah tersebut masih relevan dengan era kekinian dan variatif. Ada naskah yang berisi tentang sejarah, fiqih, akidah, tasawuf, syair Arab, dan Alquran yang ditulis tangan langsung.

“Ini harus kita wariskan kepada generasi penerus kita. Kita bertanggung jawab untuk menjaga kekayaan dan warisan bangsa kita ini,” kata Muis sebagaimana dilansir Humas IAIN Jember, Jumat (21/6/2019).

Perpustakaan IAIN Jember tengah melakukan digitalisasi naskah-naskah yang mulai rusak itu. Menurut Muis, prose digitalisasi tersebut sesuai dengan visi besar Kampus IAIN Jember, yakni pusat kajian Islam Nusantara. “Naskah- naskah kuno ini bagian dari kekayaan Islam Nusantara, jadi harus kita selamatkan, agar bisa dibaca oleh generasi penerus kita,” katanya. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar