Pendidikan & Kesehatan

Hari Air, Mahasiswa Umaha Nyemplung Kali

Sidoarjo (beritajatim.com) – Peringati Air Sedunia tahun 2019, mahasiswa Universitas Ma’arif Hasyim Latif (Umaha) dan siswa-siswi Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) Sepanjang Taman melaksanakan gerakan “Nyemplung Kali” bareng bersama Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin
(Cak Nur), Minggu (24/3/2019).

Gerakan Nyemplung Kali (GNK), Sadari-Peduli-Lestari ini merupakan aksi nyata dari Umaha untuk turut berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan. Sekaligus menjadikan sungai sebagai sumber kehidupan yang akan datang.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Yayasan YPM, Rektor Umaha beserta jajarannya, Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo H. Sigit Setiawan, dan para mahasiswa Umaha dan siswa-siswi SMP dan SMA YPM.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin merasa bangga dengan program kepedulian lingkungan selama ini yang dilakukan oleh Umaha. “Ini bisa menjadi suatu gerakan peduli lingkungan yang baik yang dapat memotivasi masyarakat di sekitarnya,” katanya.

Lanjut dia, dengan event peringatan Hari Air, YPM memilih untuk bersih-bersih sungai ini hal yang bagus sekali. Permasalahan lingkungan terutama sungai bukan tidak cukup dipasrahkan kepada pemerintah saja.
Tapi perlu adanya partisipasi aktif dari elemen masyarakat.

“Sungai sebagai parameter kehidupan dan budaya dari masyarakat. Masyarakat bisa dikatakan makmur, maju dan pemerintah bisa dikatakan berhasil apabila sungainya tertata dengan baik, airnya mengalir dengan bersih dan lain sebagainya,” jelasnya.

Masih menurut Cak Nur, kalau lingkungannya baik, berarti kita mewariskan budaya yang baik kepada generasi penerus.

Dalam GNK, Cak Nur dan Rektor Umaha juga turut turun ke sungai depan kampus Umaha untuk membersihkan sampah dengan menggunakan perahu karet. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar