Pendidikan & Kesehatan

Gubernur Jatim: Beasiswa SPP Bagi SMA – SMK

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa hari ini mengadakan sosialisasi Nawa Bhakti Satya khususnya terkait Jatim Cerdas yang menjadi salah satu program unggulan dari Gubernur dan Wakil Gubernur baru Jatim ini, Kamis (11/4/2019) di Gedung Islamic Center Surabaya.

Salah satu sub program dari Jatim Cerdas adalah Beasiswa SPP SMA SMK Negeri gratis. Bagi sekolah swasta terdapat bantuan SPP sebesar Rp.1.400.000 untuk SMA dan Rp.1.600.000 untuk SMK.

Bantuan untuk SMA dan SMK swasta ini untuk diberikan setahun sekali. Khofifah pun menginginkan ada semacam kontrak perjanjian Pakta Integritas bahwa bantuan SPP itu akan berjalan secara natural.

“Artinya ketika ada bantuan SPP bagi SMA SMK swasta di Jawa Timur mohon SPP sesuai dengan SK Gubernur yang lalu dan itu tetap harus menjadi referensi jangan sampai kemudian terjadi indikasi yang terlapor ke saya bahwa kemungkinan akan dinaikkan dulu SPP SMA SMK swasta karena ada di antara SMK non teknik itu kalau ditotal setahunnya memang tidak sampai 1.600.000, maka akan dinaikkan dulu, misalnya demikian,” terang Khofifah.

“Mari kita bersama-sama bertanggung jawab atas peningkatan kualitas SDM di Jawa Timur untuk mendorong secara keseluruhan peningkatan IPM Jawa Timur,” tambah Gubernur Jatim ini.

Informasi terkait beasiswa dan bantuan SPP itu pun sudah sampai di Dindik. Maka hari ini Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memang mengundang Kepala Sekolah SMA SMK kemudian cabang dinas dari berbagai kabupaten kota untuk sosialisasi dan pemahaman mengenai petunjuk pelaksanaannya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rohman pun mengatakan bahwa langkah ini merupakan upaya peningkatan IPM dengan mendukung peningkatan mutu dan kualitas pendidikan khusus SMA dan SMK. Terkait kebijakan baru PPDB ini sudah ketok palu.

“Semua sosialisasi yang diminta Bu Gubernur akan dilakukan dan ini (kebijakan PPDB) sudah ditandatangani,” pungkasnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar