Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Budaya Literasi

Goes to School Dinilai Sinergi dengan Program GERAMM

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pamekasan, Ahmad Wahyudi menilai program Goes to School dalam rangka Safari Jurnalistik dan Kepenulisan sangat sinergi dengan program Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Jawa Timur, yakni Gerakan Ayo Membangun Madrasah alias GERAMM.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Goes to School yang digelar komunitas jurnalis bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, di MAN 2 Pamekasan, Jl KH Wahid Hasyim Nomor 28 Pamekasan, Rabu (4/2/2020).

“Pertama kami sampaikan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang sudah menyempatkan diri untuk berbagi bersama anak didik kami, apalagi kegiatan seperti ini sangat positif untuk meredam budaya global yang kuat. Sehingga sangat diperlukan penguatan budaya leterasi khususnya bagi siswa,” kata Ahmad Wahyudi.

Baca Juga:

    Tidak hanya itu, pihaknya menilai program yang mengusung tema ‘Menumbuhkan Literasi Pemuda Menuju Pamekasan Habat’ sinergi dengan gagasan yang diluncurkan Kemenag Wilayah Jatim, yakni GERAMM. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, apalagi juga sinergi dengan program Kanwil Jatim,” ungkapnya.

    “Jadi program GERAMM ini sebagai salah satu program untuk membangun madrasah dengan mengoptimalkan berbagai macam potensi yang ada. Sehingga program ini dapat menjadikan madrasah semakin berbenah sekaligus mengoptimalkan diri dan berinovasi dalam mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat,” imbuhnya.

    Lebih lanjut dijelaskan jika program GERAMM tersebut dibagi dalam tujuh gerakan berbeda, salah satu di antaranya berupa Gerakan Literasi Madrasah alias GELEM yang sinergi dengan Program Goes to School yang digagas komunitas jurnalis di Pamekasan.

    “Tujuh program GERAMM ini, yakni GELEM, GEMES (Gerakan Madrasah Sehat), GEMI (Gerakan Madrasah Inovatif), GEFA (Gerakan Furudhul Ainiyah), KATA SIGURU (Gerakan Peningkatan Kompetensi Guru), KATA SIKAMAD (Gerakan Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah), dan KATA SIAWAS (Gerakan Peningkatan Kompetensi Pengawas),” jelasnya.

    Dari itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat memotivasi anak didiknya agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial (medsos), sekaligus menambah wawasan tentang dunia jurnalistik dan kepenulisan. “Kita harapkan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi anak didik kami dan tentunya bermanfaat,” harapnya.

    Dalam kegiatan tersebut, panitia pelaksana menghadirkan dua pemateri berbeda. Masing-masing satu perwakilan dari PWI Pamekasan, serta Muna Masyari yang tercatat sebagai Pemenang Cerpen Terbaik Kompas Edisi 2017 lalu. [pin/ted]

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar