Pendidikan & Kesehatan

Gizi, Kunci Anak-anak Aktif di Sekolah

Pemerhati Pendidikan Anak, Shahnaz Haque dalam seminar "Semangat Meraih Prestasi" pada rangkaian kegiatan Dancow Siap Sekolah di Jember.

Jember (beritajatim.com) – Pemerhati pendidikan anak, Shahnaz Haque menjelaskan, anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya di aktivitas yang dilakukan, baik secara fisik dan mental.

“Ciri-ciri anak yang bersemangat antara lain memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah,” kata Shahnaz, dalam seminar bertema ‘Semangat Meraih Prestasi’ yang digelar NestlĂ© Dancow FortiGro, di New Sari Utama Convention Hall, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/10/2019).

Menurut Shahnaz, manfaat sekolah bisa diperoleh apabila anak memiliki semangat. “Semangat dapat muncul apabila anak memiliki orang tua yang mendukung, berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental,” katanya.

Kuncinya adalah gizi. Pakar gizi, Wahyu Kurnia Yusrin Putra mengungkapkan, persiapan fisik anak artinya memberikan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan anak. “Asupan gizi yang dibutuhkan agar anak sehat dan kuat untuk siap sekolah mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin, serta mineral, yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal,” katanya.

“Selain itu, diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak,” kata Wahyu.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong semangat anak. Beberapa di antaranya mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain, dan merayakan setiap keberhasilan. Masing-masing anak memiliki keunikan sendiri, karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar